20 Sifat Wajib Allah dan 20 Sifat Mustahil Allah, Lengkap Dengan Dalil, Arti dan Penjelasannya

A. Pengertian Sifat-Sifat Allah


Sifat-sifat Allah adalah sifat sempurna yang yang tidak terhingga bagi Allah. Sifat-sifat Allah wajib bagi setiap muslim mempercayai bahwa terdapat beberapa sifat kesempurnaan yang tidak terhingga bagi Allah. Maka, wajib juga dipercayai akan sifat Allah yang dua puluh dan perlu diketahui juga sifat yang mustahil bagi Allah. Sifat yang mustahil bagi Allah merupakan lawan kepada sifat wajib.
sifat sifat allah lengkap
Sifat wajib terbagi empat bagian yaitu nafsiah, salbiah, ma'ani atau ma'nawiah.

B. Sifat-Sifat Wajib Allah


Sifat wajib Allah adalah sifat yang pasti ada pada Allah.
Berikut dibawah ini adalah sifat-sifat allah yang wajib :

  1. Wujud (Ada)
    Adanya Allah itu bukan karena ada yang mengadakan atau menciptakan, tetapi Allah itu ada dengan zat-Nya sendiri.

    • Dalil Aqli sifat Wujud
      Adanya semesta alam yang kita lihat sudah cukup dijadikan sebagai alasan adanya Allah, sebab tidak masuk akal seandainya ada sesuatu yang dibuat tanpa ada yang membuatnya.

    • Dalil Naqli sifat Wujud
      [arabic] جلقالسموات والارض وما بينهمافي ستةايام ﷲالذى[/arabic]
      Allahlah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya dalam (waktu) enam hari. (QS. AS sajdah [32]:4)



  2. Qidam (Dahulu/Awal)
    Sifat Allah ini menandakan bahwa Allah swt sebagai Pencipta lebih dulu ada daripada semesta alam dan isinya yang Ia ciptakan.

    • Dalil aqli sifat Qidam
      Seandainya Allah tidak qodim, mesti Allah hadits, sebab tidak ada penengah antara qodim dan hadits. Apabila Allah hadits maka mesti membutuhkan muhdits (yang membuat) mislanya A, dan muhdits A mesti membutuhkan kepada Muhdits yang lain, misalnya B. Kemudian muhdits B mesti membutuhkan muhdits yang lain juga, misalnya C. Begitulah seterusnya.Apabila tiada ujungnya, maka dikatakan tasalsul (peristiwa berantau), dan apabila yang ujung membutuhkan kepada Allah maka dikatan daur (peristiwa berputar). Masing-masing dari tasalsul dan daur adalah mustahil menurut akal. Maka setiap yang mengakibatkan tasalsul dan daur, yaitu hudutsnya Allah adalah mustahil, maka Allah wajib bersifat Qidam.

    • Dalil Naqli sifat Qidam
      [arabic] هوالاول والاخروالظاهروالباطن[/arabic]
      Dialah yang awal dan yang akhir Yang zhohir dan yang bathin. (QS. Al-Hadid [57]:3)



  3. Baqa’(Kekal)
    Allah Akan Kekal dan Abadi Selamanya, Kekalnya Allah SWT tidak berkesudahan

    • Dalil Aqli sifat Baqa'
      Seandainya Allah tidak wajib Baqo, yakni Wenang Allah Tiada, maka tidak akan disifati Qidam. Sedangkan Qidam tidak bisa dihilangkan dari Allah berdasarkan dalil yang telah lewat dalam sifat Qidam.

    • Dalil Naqli Sifat Baqa'
      [arabic] كلشئ هالك إلاوجهه[/arabic]
      Tiap sesuatu akan binasa (lenyap) kecuali Dzat-nya. (QS. Qoshos [28]:88)



  4. Mukhalafatuhu Lilhawadith (berbeda dengan Ciptaannya/Makhluknya)
    Sifat ini menunjukkan bahwa Allah SWT berbeda dengan hasil ciptaan-Nya. Coba kita perhatikan tukang jahit hasil baju yang dijahit sendiri tidak mungkin sama dengan baju yang dibuat orang lain.

    • Dalil Aqli sifat mukhalafah lil hawadits
      Apabila diperkirakan Allah menyamai sekalian makhluknya, niscaya Allah dalah baru (Hadits), sedangkan Allah baru adalah mustahil

    • Dalil Naqli sifat mukhalafah lil hawadits
      [arabic] ليس كمثله شيئ وهوالسميع البصير[/arabic]
      Tidak ada sesuatu apapun yang serupa dengan dia, dan dia-lah yang maha mendengar lagi maha melihat. (QS. Asy-Syuro [42]:11)



  5. Qiyamuhu Binafsihi (Allah Berdiri Sendiri)
    Artinya Bahwa Allah SWT itu berdiri dengan zat sendiri tanpa membutuhkan bantuan yang lain. Maksudnya, keberadaan Allah SWT itu ada dengan sendirinya tidak ada yang mengadakan atau menciptakan.Contohnya,
    Allah SWT menciptakan alam semesta ini karena kehendak sendiri tanpa minta pertolongan siapapun.

    • Dalil Aqli sifat Qiyamuhu Binafsihi
      Seadainya Allah membutuhkan dzat, niscaya Allah adalah sifat, sebab hanya sifatlah yang selalu membutuhkan dzat, sedangkan dzat selamanya tidak membutuhkan dzat lain untuk berdirinya.
      Dan apabila Allah “Sifat” adalah mustahil, sebab apabila Allah “sifat”, maka Allah tidak akan disifati dengan sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah, sedangkan sifat tersebut adalah termasuk sifat-sifat yang wajib bagi Allah berdasarkan dalil-dalil tertentu. Berarti apabila Allah tidak disifati dengan sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah adalah salah (Bathil), dan batal pula sesuatu yang mengakibatkannya, yaitu butuhnya Allah kepada dzat. Apabila batal butuhnya Allah kepada dzat maka tetap Maha kaya (istighna)nya Allah dari dzat.
      Seandainya Allah membutuhkan sang pncipta, niscaya Allah baru (Hadts), sebab yang membutuhkan pencipta hanyalah yang baru sedangkan dzat qodim tidak membutuhkannya. Dan mustahil Allah Hadits, karena segala sesuatu yang hadits harus membutuhkan sang pencipta (mujid) yang kelanjutannya akan mengakibatkan daur atau tasalul.

    • Dalil Naqli Sifat Qiamuhu Binafsihi
      [arabic] إن اﷲ لغنى عن العا لمين[/arabic]
      Sesungguhnya Allah benar-benar maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari alam semesta. (QS. Al Ankabut [29]:6)



  6. Wahdaniyyah (Tunggal/Esa)
    Artinya adalah Bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa., baik itu Esa zat-Nya, sifat-Nya, maupun perbuatannya.Esa zat-Nya maksudnya zat Allah SWT itu bukanlah hasil dari penjumlahan dan perkiraan atau penyatuan satu unsur dengan unsur yang lain mkenjadi satu. Berbeda dengan mahluk, mahluk diciptakan dari berbagai unsur, seperti wujudnya manusia, ada tulang, daging, kulit dan seterusnya.Esa sifat-Nya artinya semua sifat-sifat kesempurnaan bagi Allah SWT tidak sama dengan sifat-sifat pada mahluk-Nya, seperti marah, malas dan sombong.Esa perbuatan-Nya berarti Allah SWT berbuat sesuatu tidak dicampuri oleh perbuatan mahluk apapun dan tanpa membutuhkan proses atau tenggang waktu. Allah SWT berbuat karena kehendak-Nya sendiri tanpa ada yang menyuruh dan melarang.

    • Dalil Naqli
      [arabic] لوكان فيهماالهةإلااﷲ لفسد تا[/arabic]
      Seandainya di langit dan dibumi ada tuhan-tuhan selain Allah, niscaya langit dan bumi akan rusak. (QS. Al Anbiya [21]:22)



  7. Qudrat (Berkuasa)
    Kekuasaan Allah SWT, atas segala sesuatu itu mutlak, tidak ada batasnya dan tidak ada yang membatasi, baik terhadap zat-Nya sendiri maupun terhadap makhluk-Nya. Berbeda dengan kekuasaan manusia ada batasnya dan ada yang membatasi.

    • Dalil Aqli sifat Qudrot
      Dalilnya adalah adanya alam semesta.
      Proses penyusunan dalilnya, jika Allah tidak berkemampuan niscaya Allah lemah(‘Ajzun), dan apabila Allah lemah maka tidak akan mampu menciptakan makhluk barang sedikitpun.

    • Dalil Naqli sifat Qudrot
      [arabic] إن اﷲعلى كل شيى قد ير[/arabic]
      Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Baqarah [2]:20)



  8. Iradah (berkehendak)
    Allah SWT menciptakan alam beserta isinya atas kehendak-Nya sendiri, tanpa ada paksaan dari pihak lain atau campur tangan dari siapa pun Apapun yang Allah SWT kehendakin pasti terjadi, begitu juga setiap setiap Allah SWT tidak kehendaki pasti tidak terjadi.Berbeda dengan kehendak atau kemauan manusia, tidak sedikit manusia mempunyai keinginan, tetapi keinginan itu kandas di tengah jalan. Apabila manusia berkeinginan tanpa disertai dengan kehendak Allah SWT. Pasti keinginan itu tidak terwujud. Hal ini menunjukan bahwa manusia memiliki keterbatasan, sedangkan Allah SWT memiliki kehendak yang tidak terbatas.

    • Dalil Aqli sifat Irodat.
      Dalilnya adalah adanya alam semesta.
      Proses penyusunan dalil, seasndainya allah tidak bersifat berkehendak niscaya bersifat terpaksa (karohah), dan allah bersifat terpaksa adalah mustahil karena tidak akan disifati qudrot, akan tetapi tidak disifatinya Allah dengan sifat qudrot adalah mustahil, sebab akanberakibat lemahnya Alla, sedangkan lemahnya Allah adalah mustahi, karena tidak akan mampu membuat makhluk barang sedikitpun.

    • Dalil Naqli sifat Irodat.
      [arabic] ان ربك فعال لمايريد[/arabic]
      Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang dia kehendaki.
      (QS. Hud[50]:107)



  9. Ilmu (Mengetahui)
    Artinya Allah SWT memiliki pengetahuan atau kepandaian yang sangat sempurna, artinya ilmu Allah SWT itu tidak terbatas dan tidak pula dibatasi. Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang ada di alam semesta, baik yang tampak maupun yang gaib.Bahkan, apa yang dirahasiakan didalam hati manusia sekali pun. Bukti kesempurnaan ilmu Allah SWT, ibarat air laut menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Allah SWT, tidak akan habis kalimat-kalimat tersebut meskipun mendatangkan tambahan air yang banyak seperti semula.Kita sering kagum atas kecerdasan dan ilmu yang dimiliki orang-orang pintar di dunia ini. Kita juga takjub akan indahnya karya dan canggihnya tekhnologi yang diciptakan manusia. Sadarkah kita bahwa ilmu tersebut hanyalah sebagian kecil saja yang diberikan Allah SWT kepada kita ?.

    • Dalil Aqli sifat Ilmu
      Dalilnya adalah adanya alam semesta.
      Proses penyusunan dalil, seandainya Allah tak berilmu niscaya tidak akan berkehendak, sedangkan allah tidak berkehendak adalah mustahil, karena tidak akan disifati qudrot, akan tetapi Allah tidak disifati dengan qudrot adalah mustahil, sebab akan berakibat lemahnya Allah. Sedangkan lemahnya Allah adalah mustahil, karena tidak akan mampu membuat barang makhluk sedikitpun.

    • Dalil Naqli sifat Ilmu
      [arabic] وهوبكل شيى عليم[/arabic]
      Dan dia maha mengetahui segala sesuatu.
      (QS.Al Hadid [57]:3 atau QS. Al Baqaroh [2]:29)



  10. Hayat (Hidup)
    Artinya Hidupnya Allah tidak ada yang menghidupkannya melainkan hidup dengan zat-Nya sendiri karena Allah Maha Sempurna, berbeda dengan makhluk yang diciptakan-Nya.
    Contohnya :
    Manusia ada yang menghidupkan. Selain itu, mereka juga mmebutuhkan makanan, minuman, istirahat, tidur, dan sebagainya. Akan tetapi, hidupnya Allah SWT tidak membutuhkan semua itu. Allah SWT hidup selama-lamanya, tidak mengalami kematian bahkan mengantuk pun tidak.

    • Dalil Aqli sifat hayat
      Dalilnya adanya alam semesta. Proses penyusunan dalil, seandainya Allah tidak hidup maka tidak akan disifati Qudrot, akan tetapi Allah tidak disifati dengan Qudrot adalah mustahil, sebab akan berakibat lemahnya Allah, seangkan lemahnya Allah adalah mustahil, karena tidak akan mampu membuat alam semesta.

    • Dalil Naqli sifat Hayat
      Firman Allah :
      [arabic] وتو كل على الحى الذ ى لايمو ت[/arabic]
      Dan bertakwalah kepada Allah yang hidup yang tidak mati. (QS. Al-Furqon [25]:58)



  11. Sama’ (Mendengar)
    Allah SWT mendengar setiap suara yang ada di alam semesta ini. Yidak ada suara yang terlepas dari pendengaran Allah SWT walaupun suara itu lemah dan pelan., seperti suara bisikan hati dan jiwa manusia.Pendengaran Allah SWT berbeda dengan pendengaran mahluk –Nya karena tidak terhalang oleh suatu apapun, sedangkan pendengaran mahluk-Nya dibatasi ruang dan waktu.
    DALIL :
    ”Dan Allah-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” … (QS Al Maidah :76)

  12. Basar ( Melihat )
    Allah SWT melihat segala sesuatu yang ada di alam semesta ini . penglihatan Allah bersifat mutlak, artinya tidak dibatasi oleh jarak( jauh atau dekat) dan tidak dapat dihalangi oleh dinding (tipis atau tebal). Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, kecil maupun besar, tampak atau tidak tampak, pasti semuanya terlihat oleh Allah SWT.
    DALIL:
    ”………Dan Allah maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” … (al-Baqarah: 265)
    Dengan memahami sifat besar Allah SWT hendaknya kita selalu berhati-hati dalam berbuat. Mungkin kita bisa berbohong kepada manusia, seperti orang tua, guru, atau teman. Akan tetapi kita tidak akan bisa berbohong kepada Allah SWT.

  13. Kalam ( Berbicara / Berfirman )
    Allah SWT bersifat kalam artinya Allah SWT berfirman dalam kitab-Nya yang diturunkan kepada para nabi dan rasul-Nya. Pembicaraan Allah SWT tentu tidak sama dengan pembicaraan manusia karena Allah SWT tidak berorgan (panca indra), seperti lidah dan mulut yang dimiliki oleh manusia.Allah SWT berbicara tanpa menggunkan alat bantu yang berbentuk apapun sebab sifat kalam Allah SWT sangat sempurna. Sebagai bukti bahwa adanya wahyu Allah SWT berupa al qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para rasul sebelum Nabi Muhammad SAW.
    DALIL :
    ”……. Dan Allah berkata kepada Musa dengan satu perkataan yang jelas”
    (QS AnNisa’ :164)Oleh karena itu kita sebagai hamba Allah SWT hendaknya membiasakan diri mengucapkan kalimat-kalimat tayyibah, artinya kata-kata yang mulia, seperti ketika kita berbuat salah, maka segeralah membaca istighfar.

  14. Kaunuhu Qadirun
    Yaitu Keadaan Allah Ta’ala Yang Berkuasa Mengadakan Dan Mentiadakan.
    DALIL
    “Sesungguhnya Alllah berkuasa atas segala sesuatu“ (QS. Al Baqarah :20).

  15. Kaunuhu Muridun
    Yaitu Keadaan Allah Ta’ala Yang Menghendaki dan menentukan tiap-tiap sesuatu, Ia berkehendak atas nasib dan takdir manusia.
    DALIL
    “Sesungguhnya Tuhanmu Maha Melaksanakan apa yang Dia kehendaki“ … (QS. Hud :107)

  16. Kaunuhu ‘Alimun
    Yaitu Keadaan Allah Ta’ala Yang Mengetahui akan Tiap-tiap sesuatu, mengetahui segala hal yang telah terjadi maupun yang belum terjadi, Allah pun dapat mengetahui isi hati dan pikiran manusia.
    DALIL
    “Dan Alllah Maha Mengetahui sesuatu“ … (QS. An Nisa’ :176)

  17. Kaunuhu Hayyun
    Yaitu Keadaan Allah Ta’ala Yang Hidup, Allah adalah Dzat Yang Hidup, Allah tidak akan pernah mati, tidak akan pernah tidur ataupun lengah.
    DALIL
    “Dan bertakwalah kepada Allah yang hidup kekal dan yang tidak mati“
    (QS. Al Furqon :58)

  18. Kaunuhu Sami’un
    Yaitu Keadaan Allah Ta’ala Yang Mendengar, Allah selalu mendengar pembicaraan manusia, permintaan atau doa hambaNya.
    DALIL
    “Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui“ … (QS. Al Baqoroh :256).

  19. Kaunuhu BasirunYAitu Keadaan Allah Ta’ala Yang Melihat akan tiap-tiap yang Maujudat ( Benda yang ada ).Allah selalu melihat gerak-gerik kita. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu berbuat baik.
    DALIL
    “Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan“ … (QS. Al Hujurat :18)

  20. Kaunuhu Mutakallimun
    Yaitu Keadaan Allah Ta’ala Yang Berkata-kata, Allah tidak bisu, Ia berbicara atau berfirman melalui ayat-ayat Al Quran.
    Bila Al Quran menjadi pedoman hidup kita, maka kita telah patuh dan tunduk terhadap Allah swt.


C. Sifat-Sifat Mustahil bagi Allah


Sifat Mustahil Bagi Allah artinya Sifat Yang Tidak Mungkin ada pada Allah Swt. Sifat Mustahil Allah merupakan Lawan Kata/Kebalikan dari Sifat Wajib Allah
Berikut dibawah ini adalah 20 sifat-sifat mustahil bagi Allah swt.

  1. ‘Adam, artinya tiada (bisa mati)

  2. Huduth, artinya baharu (bisa di perbaharui)

  3. Fana’, artinya binasa (tidak kekal/mati)

  4. Mumathalatuhu Lilhawadith, artinya menyerupai akan makhlukNya

  5. Qiyamuhu Bighayrih, artinya berdiri dengan yang lain (ada kerjasama)

  6. Ta’addud, artinya berbilang – bilang (lebih dari satu)

  7. ‘Ajz, artinya lemah (tidak kuat)

  8. Karahah, artinya terpaksa (bisa di paksa)

  9. Jahl, artinya jahil (bodoh)

  10. Maut, artinya mati (bisa mati)

  11. Syamam, artinya tuli

  12. ‘Umy, artinya buta

  13. Bukm, artinya bisu

  14. Kaunuhu ‘Ajizan, artinya lemah (dalam keadaannya)

  15. Kaunuhu Karihan, artinya terpaksa (dalam keadaannya)

  16. Kaunuhu Jahilan, artinya jahil (dalam keadaannya)

  17. Kaunuhu Mayyitan, artinya mati (dalam keadaannya)

  18. Kaunuhu Asam, artinya tuli (dalam keadaannya)

  19. Kaunuhu A’ma, artinya buta (dalam keadaannya)

  20. Kaunuhu Abkam, artinya bisu (dalam keadaannya)


Rangkuman (Table Sifat-Sifat Wajib Allah dan Sifat-Sifat Mustahil Bagi Allah )


Tabel ini kami buat untuk memudahkan anda dalam menghafal dan memahaminya






















































































































































































































No.Sifat Wajib AllahTulisan ArabArtiJenis SifatSifat Mustahil AllahTulisan ArabArti
1Wujud
ﻭﺟﻮﺩ
AdaNafsiahAdam
ﻋﺪﻡ
Tiada
2Qidam
ﻗﺪﻡ
TerdahuluSalbiahHuduts
ﺣﺪﻭﺙ
Baru
3Baqa
ﺑﻘﺎﺀ
KekalSalbiahFana
ﻓﻨﺎﺀ
Berubah-ubah (akan binasa)
4Mukhalafatuhu lilhawadis
ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ ﻟﻠﺤﻮﺍﺩﺙ
Berbeda dengan makhluk-NyaSalbiahMumathalatuhu lilhawadith
ﻣﻤﺎﺛﻠﺘﻪ ﻟﻠﺤﻮﺍﺩﺙ
Menyerupai sesuatu
5Qiyamuhu binafsih
ﻗﻴﺎﻣﻪ ﺑﻨﻔﺴﻪ
Berdiri sendiriSalbiahQiamuhu bighairih
ﻗﻴﺎﻣﻪ ﺑﻐﻴﺮﻩ
Berdiri-Nya dengan yang lain
6Wahdaniyat
ﻭﺣﺪﺍﻧﻴﺔ
Esa (satu)SalbiahTa'addud
ﺗﻌﺪﺩ
Lebih dari satu (berbilang)
7Qudrat
ﻗﺪﺭﺓ
KuasaMa'aniAjzun
ﻋﺟﺰ
Lemah
8Iradat
ﺇﺭﺍﺩﺓ
Berkehendak (berkemauan)Ma'aniKarahah
ﻛﺮﺍﻫﻪ
Tidak berkemauan (terpaksa)
9Ilmu
ﻋﻠﻢ
MengetahuiMa'aniJahlun
ﺟﻬﻞ
Bodoh
10Hayat
ﺣﻴﺎﺓ
HidupMa'aniAl-Maut
ﺍﻟﻤﻮﺕ
Mati
11Sama'
ﺳﻤﻊ
MendengarMa'aniSami
ﺍﻟﺻمم
Tuli
12Basar
ﺑﺼﺮ
MelihatMa'aniAl-Umyu
ﺍﻟﻌﻤﻲ
Buta
13Kalam
ﻛﻼ ﻡ
BerbicaraMa'aniAl-Bukmu
ﺍﻟﺑﻜﻢ
Bisu
14Kaunuhu qaadiran
ﻛﻮﻧﻪ ﻗﺎﺩﺭﺍ
Keadaan-Nya yang berkuasaMa'nawiyahKaunuhu ajizan
ﻛﻮﻧﻪ ﻋﺎﺟﺰﺍ
Keadaan-Nya yang lemah
15Kaunuhu muriidan
ﻛﻮﻧﻪ ﻣﺮﻳﺪﺍ
Keadaan-Nya yang berkehendak menentukanMa'nawiyahKaunuhu mukrahan
ﻛﻮﻧﻪ مكرها
Keadaan-Nya yang tidak menentukan (terpaksa)
16Kaunuhu 'aliman
ﻛﻮﻧﻪ ﻋﺎﻟﻤﺎ
Keadaan-Nya yang mengetahuiMa'nawiyahKaunuhu jahilan
ﻛﻮﻧﻪ ﺟﺎﻫﻼ
Keadaan-Nya yang bodoh
17Kaunuhu hayyan
ﻛﻮﻧﻪ ﺣﻴﺎ
Keadaan-Nya yang hidupMa'nawiyahKaunuhu mayitan
ﻛﻮﻧﻪ ﻣﻴﺘﺎ
Keadaan-Nya yang mati
18Kaunuhu sami'an
ﻛﻮﻧﻪ ﺳﻤﻴﻌﺎ
Keadaan-Nya yang mendengarMa'nawiyahKaunuhu ashamma
ﻛﻮﻧﻪ ﺃﺻﻢ
Keadaan-Nya yang tuli
19Kaunuhu bashiiran
ﻛﻮﻧﻪ ﺑﺼﻴﺭﺍ
Keadaan-Nya yang melihatMa'nawiyahKaunuhu a'maa
ﻛﻮﻧﻪ ﺃﻋﻤﻰ
Keadaan-Nya yang buta
20Kaunuhu mutakalliman
ﻛﻮﻧﻪ ﻣﺘﻜﻠﻤﺎ
Keadaan-Nya yang berbicaraMa'nawiyahKaunuhu abkam
ﻛﻮﻧﻪ ﺃﺑﻜﻢ
Keadaan-Nya yang bisu


D. Sifat Ja’iz Bagi Allah Swt


Sifat Jaiz bagi Allah artinya boleh bagi Allah Swt mengadakan sesuatu atau tidak mengadakan sesuatu atau di sebut juga sebagai “mumkin”. Mumkin ialah sesuatu yang boleh ada dan tiada.

Ja’iz artinya boleh-boleh saja, dengan makna Allah Swt menciptakan segala sesuatu, yakni dengan tidak ada paksaan dari sesuatupun juga, sebab Allah Swt bersifat Qudrat (kuasa) dan Iradath (kehendak), juga boleh - boleh saja bagi Allah Swt meniadakan akan segala sesuatu apapun yang ia mau.

Alhamdulillah selese juga akhirnya menulis artikel tentang 20 Sifat Wajib Allah dan 20 Sifat Mustahil Allah lengkap dengan dalil,arti dan penjelasannya

Referensi : dirangkum dari berbagai sumber

Komentar

  1. bagus karena untuk org islam

    BalasHapus
  2. Gemana cara downloadnhya?

    BalasHapus
  3. @yong edysonn-->klik download artikel pdf yang da di akhir artikel

    BalasHapus
  4. ada yg bahasa sunda nya gak ..?

    BalasHapus
  5. @siti rofiqooh->masak bahasa indonesia tidak mengerti sih :)

    BalasHapus
  6. wujud qidam baqa mukhalafatulilhawadisi qiamuhubinassihi wahdaniah qotdrat irodat ilmu hayat sama basar kalam kadiran muridam aliman hayan samian basiran mutakaliman

    BalasHapus
  7. gus-bagus-bagus.............. hehehehe

    BalasHapus
  8. kok gax bisa di download

    BalasHapus
  9. tolong untuk dalil qur'an wujudnya dibenarkan<<< coba d lihat lagi <<< bukan jalaqossama<<< tp khplaqossama<<<< lbh hati2 dalam meng uplod<<<

    BalasHapus
  10. maaf maksudnya kholaqossama

    BalasHapus
  11. KENAPA TIDAK BISA DI DOWNLOAD...????
    PAAHAL BAGUS BANGET SESUAI DENGAN APA YANG KU CARI

    BalasHapus
  12. @midya-->bisa kok, tadi barusan aqu coba

    BalasHapus
  13. @restu revita-->bisa kok barusan tdai saya tes download

    BalasHapus
  14. @bekti-terima kasih atas koreksinya, nulis arab di komputer tak semudah nulis manual pakai tangan

    BalasHapus
  15. @bekti--> Oke, benar kholaqossama

    BalasHapus
  16. gmn cara downloadx........g bisa g2 kog.............

    BalasHapus
  17. @m hasyim rahman-->Silahkan klik link download "DOWNLOAD ARTIKEL PDF" lokasinya berada di akhir artikel atau dekat form komentar

    BalasHapus
  18. bs yang singkatx tdak

    BalasHapus
  19. bodoh kali kau m hasyim rahmat gk tau cara mendawnload

    BalasHapus
  20. bingung saya gk bisa2di dawnlod,.,.

    BalasHapus
  21. ko gx bisa di download

    BalasHapus
  22. Makasih buat infonya!!!

    BalasHapus
  23. Bisa kok di bagian bawah artikel nya....

    BalasHapus
  24. terimah kasih atas infox yha.. jdi aku bsa menghafal.. dhe...

    BalasHapus
  25. bagus untuk orang islam

    BalasHapus
  26. semoga kita semua selamat dunia akhirat ,,,aamiin ya robbal'alaamiin..

    BalasHapus
  27. ini sangat memberi pengetahuan yang luas,sehingga saya bisa hafal.

    BalasHapus
  28. Cara Download Nya gimana sih

    BalasHapus
  29. HOw To Download Her How Less I Know....

    BalasHapus
  30. Knowledge is Very gives Broad,so I Could Memorize....

    BalasHapus
  31. @Salman-->di akhir artikel ada link "download artikel pdf" nah klik tulisan tersebut

    BalasHapus
  32. bagus mbak,, bisa untuk belajarr anak saya

    BalasHapus
  33. Subhanallahi Walhamdulillahi......
    Tks banyak Atas semua Artikelny Pa'
    Jazakumullah Khairul Jazaa...

    BalasHapus
  34. @aris->sama2

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah....ada artikel yang mantap mudah di cerna.. download loagi ya.........

    BalasHapus
  36. bagus bngt lengkap lgi

    BalasHapus
  37. bagus .......... sekali ,saya suka...........comen balik kang di blogs saya :http://pesantrenonlinenakangsumardi

    BalasHapus
  38. mohon maaf, sumber materinya dapat dari mana ya?

    BalasHapus
  39. Karena Allah Mustahil menyerupai makhluknya, maka Allah Mustahil jadi manusia

    BalasHapus
  40. Kalo ta'addud itu apasih artinya ?
    Mohon dijawab ..

    BalasHapus
  41. TA'ADDUD itu adalah poligami dalam bahasa arab, atau gampangannya ta'addud adalah istilah arabnya dari poligami

    BalasHapus
  42. makasih yah.......
    ni membantu banget buat saya,.
    pas banget sama apa yang saya cari :)

    BalasHapus
  43. bagus bangits kalles aku suka-aku-suka

    BalasHapus
  44. maasih sudah memberi kan ini semua

    BalasHapus
  45. Kewajiban setiap orang tua yaitu mengajarkan sifat2 Allah Pada anaknya searmenjak kecil. Tapi klo orang tuanya nggk tahu, iapun harus belajar dan ta'lim dulu

    BalasHapus
  46. subnalloh smg Alloh swt, mnrima n mmberkahi jariyah artikel inin amiieenn

    BalasHapus
  47. bagus bgt bwt orang islam terutama bwt aku yang masih belepotan tentang agama

    BalasHapus
  48. ???????????

    BalasHapus
  49. Lengkap..good...siep untuk blajar..thanks....

    BalasHapus
  50. ini bagus"""""""
    mulai belajar!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  51. goood,,,I like,,!

    BalasHapus
  52. terima kasih atas postingannya....

    BalasHapus
  53. good
    bagu hafalin yahhhhhhhhhhh :)

    BalasHapus
  54. Naufal Islaminaufal silami4 November 2014 pukul 20.27

    Waduh om g mna cra menghafal a!:(

    BalasHapus
  55. Muhammad gus junaidi10 November 2014 pukul 12.52

    wujud qidam baqa mukhalafatuhu lilhawadisi qiyamuhubinafsihi wahdaniyah qudrah iradah ilmun hayan sama basar kalam qadiran aliman hayan samian basiran mutakaliman. ada dahulu kekal berbeda dg mahluk berdiri sendiri esa kuasa berkehendak mengetahui hidup mendengar melihat berfirman maha kuasa maha berkehendak maha mengetahui maha hidup maha mendengar maha melihat maha berfirman

    BalasHapus
  56. Mohon Izin share yhh?

    BalasHapus
  57. Aku cinta islam...aku juga brterimakasih kepada orang yg sdah mnulis sfat wajib Allah ini,,,,

    BalasHapus
  58. terima kasih banyak atas artikelnya.
    sangat membantu..

    BalasHapus
  59. bagai mana cara downioatnya'

    BalasHapus
  60. klik download artikel pdf yang ada di akhir artikel

    BalasHapus
  61. suqron buat artikelnya ^ - ^. aku jadi bisa ngerjain tugas sekolah...

    BalasHapus
  62. gak usah di down load copy dan pahami, simpan di dalam qolbu, mudah2an kita bisa bermakrifat (keyakinan) dengan haqulyakin..dengan berserah diri terhadap allah. jadilah kita orang yang beriman, dan surga yang menanti kita.amin. sesuai dengan al baqarah ayat 21, beribadah lah kamu dalam arti betul2 bertauhid terhadap allah agar kamu menjadi golongan orang yang beriman.

    BalasHapus
  63. tanamkan ke diri anda masing supaya anda semua diatas menjadi orang yang bertayhid terhadap allah.amin.

    BalasHapus
  64. ralat supaya jadi orang2 bertauhid terhadap allah.amin. i like it....................terimakasih pendidikan islam, supaya jadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. dan akan menjadi para ahli tauhid semua.amin.

    BalasHapus
  65. sebagai tambahan dalil naqli dihadist rasullullah," kulmarrabussamawati wal ardhi kulillah", hai muhammad katakanlah bahwa aku ada.

    BalasHapus
  66. ada teh siti, kalau mau lebih mendalami cari di pesantren miftahul huda tasikmalaya, atau pesantren riyadlutauhid pekanbaru

    BalasHapus
  67. yang penting itu asma'ulhusna...... tidak perlu hafal2 sifat allah...

    BalasHapus
  68. gak usah comment kalo gak ngerti bro, ini sifat 20 wajib hukumnya bagi setiap mukmin dan mukminat, buat yg bikin blog salutttt

    BalasHapus
  69. sebagai makhluk kita akan saling mengenal dari sifatnya dulu barulah gelarnya. kita tidak salah mengenal Allah dari sifat-Nya dulu. isnya Allah akan lebih mendalam keimanan kita kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  70. Salut nih sama yg bikin

    BalasHapus
  71. alhamdulillaahh.. sangat lengkap,,

    BalasHapus
  72. hal ini sangat penting, biar kita lbh melek hal Tauhid

    BalasHapus
  73. alhamdulillah akhirnya kita wajib memang mengetahui sifat" yang wajib bagi allah,semoga sajabisa menjadi peramalan,memang Allah serba maha dalam segala hal.

    BalasHapus
  74. Alhamdulillah, terimakasih kepada penulis. Ini adalah jawaban dari pertanyaan yg ada di pikiran saya selama ini. Sedikit cerita, ada satu pertanyaan atheis yg bikin saya kepikiran. Begini pernyataannya, ketika segala sesuatu ada yg menciptakan maka siklus tersebut tidaklah berhenti, jika di urutan ke atas, maka siapa yg menciptakan Tuhan. Maka seketika teori penciptaan akan runtuh dengan sendirinya. Nah itulah atheis mereka selalu menggunakan logika. Sangat bersyukur, ternyata saya kembali DIINGATKAN tentang sifat sifat Allah ini. Alhamdulillah

    BalasHapus
  75. mslh ilmu tdk usah trllu pelit shgga download agk lambat, di copy tdk bs. klo cri pahala yg simple ja cranya brow

    BalasHapus
  76. untuk sifat jaiz bagi allah yang lebih rinci lgi pnjelasannya bro. biar lebih ngerti. (y)

    BalasHapus
  77. alhamdulilah,saya sangat salut karena sudah sangat lengkap bangeet........

    BalasHapus
  78. Kalau yg penting bagi anda asma'ulhusna tanpa mengetahui sifat-sifat Allah swt, berarti selama ini anda hanya menyembah NAMA, bukan RABB (Allah swt). mengetahui Sifat-sifat Allah swt mutlak untuk mengenal siapa DIA dan guna lebih mendekat diri pada NYA

    BalasHapus
  79. Jika tidak bisa di download atau di copas, simpan laman ini sebagai html, kemudian buka dengan "openwith" pilih microsoftword...semoga membantu

    BalasHapus
  80. Alhamdulillah....makin banyak pencerahan untuk lebih mengenal diri dan sang pencipta.

    BalasHapus
  81. Subhanallah, inilah sifat Allah SWT yang memang benar-benar tuhan, semakin aku dalami islam semakin aku yakin... Allahuakbar

    BalasHapus
  82. Assalmualaikum buat kwn2 smua,,,alhmdulillah dan trima kasih buat penulis 20 sifat wajib alloh,insya alloh bisa lebih menambah pengetahuan dan bisa mengenal diri kita sendiri,,dengan menginat dan menyakini sifat alloh,maka dapat mengenl diri,,,itu juga sama dengan kita menganal allo,,,amin

    BalasHapus
  83. Gak pernah sekolah nampaknya

    BalasHapus
  84. Bisa bantu buat belajar juga

    BalasHapus
  85. alhamdulillah.. terimakasih kepada penulis.. hal-hal yang disampaikan sangat membantu kami dalam mengerjakan tugas :)

    BalasHapus
  86. subhanallah. alhamdulillah. allahuakbar.
    laailahaillallah..
    maha esa allah dengan sifat sifatnya yg sempurna, tiada sekutu baginya tuhan semesta alam..
    terima kasih yg udah nulis.. tulisannya manfaat sekali buat yg masih berakal..

    BalasHapus
  87. Anggita Sih Prabowo31 Maret 2015 pukul 06.11

    Terimakasih untuk pembuat artikel tentang sifat-sifat wajib,Mustahil,dan Jaiz bagi Allah.Gara-gara Artikel ini aku bisa mengerjakan PR dari ustadzah...
    @Shahib Fillah.Kata ustadzah ku itu penting menghafal sifat-sifat Allah

    BalasHapus
  88. ijin download ya mas gan

    BalasHapus
  89. setelah kita tau allah dan sifat2nya maka sesungguh kita ini lemah dan tidak ada daya dan upaya kecuali dari allah swt.....amin.

    BalasHapus
  90. siti nurilah rohilah5 Mei 2015 pukul 07.21

    Tak kenal mka tak sayang, tak sayang mka tak cinta,,, bagaimana bisa kita bisa cinta kpda allah jika kita tdk mngenal'y dgn sifat2'y.

    BalasHapus
  91. Subhanallah walhamdulillah wallohu akbar....

    BalasHapus
  92. kita mesti ikut perintahnya

    BalasHapus
  93. muhammad fadli ramdan21 Juni 2015 pukul 20.33

    dosa tau klaw gak hafal sifat2 allah itu. . .:D

    BalasHapus
  94. ya,,lumayan sih,,,tapi sebernya kalau dikatakan sudah komplit saya rasa gak tepat,masih banyak keterangan2 yg penulis harus bikin,harus dijabarkan pula pembagian sifat2nya,,,mana yg sifat ma'ani,salbiah,nafsiah,,,itu juga sifat wenang/jaiz bagi allah swt juga perlu soalnya kalau terjun ke bab aqoid harus komplit jd biar pahamnya ,imanya gak ngawur gak taqlid,karena iman taqlid itu tidak sah,kalau imannya tidak sah maka sholat,puasa,zakat,sodaqoh dll tidak sah pula,belajarlah ilmu tauhid kepada guru yg bener2 tanggung jawab dan paham ilmu aqoid ygbener biar aqoidnya tidak batal/tidak sah.

    BalasHapus
  95. Asslkum,,,mohon di copy,,,apkh di bagi saudara

    BalasHapus
  96. iya,kita harus mengenal sifat sifat Allah swt terdahulu....
    baru kita mengenal asmaul- husna dll.....

    BalasHapus
  97. Saudara ku kita jgn kita mengklaim kita.yang benar. Allah maha mengetahui siapa yg benar tulus iklas beribadah kpdnya...kita tk boleh mengata kan ilmu seseorang rendah, isntropeksi diri dan berbuat kebajikan dan selalu saling mengingatkan itulah tanda sdr sesama muslim

    BalasHapus
  98. Alhamdulillah, akhirnya dapat yg versi lengkapnya. Terima kasih..:-)

    BalasHapus
  99. ijin ambil materinya gan buat tugas sekolah :D terimakasih....

    BalasHapus
  100. Hahahaha sipat 20 cari lah yg yaang 1 biar lengkap piiiiiish numpang lewat

    BalasHapus
  101. Iyan..
    maag sebelumnya...
    saya tau km org berilmu.....
    tp sayang nya km terlalu sombong..
    masih di kuasai nafsu....
    n kalau memang ada yg kurang kenapa km ga kasih jelaskn ke kita yg lebih
    n jelas....
    tidak semua manusa itu berilmu sama..
    pasti ada oerbedaan nya...
    ada gg oendek ada juga yg tinggi..
    nah bgitu juga dgn ilmu...
    mgkn sajan dia masih di tingkatan bawah..
    jdi dia blum bsa mnjlaskn secara sempurna.......
    tolong di ingat...
    blajar ilmu bukan utk mrendsh kan satu sama lain...
    tp utk saliing mengingatkn...
    man yg salah harus di perbetulkn....

    BalasHapus
  102. gak bisa di copas atau save, padahal ini bermanfaat sekali buat semuanya untuk di hafalkan

    BalasHapus
  103. Makasih, ya, untuk yang sudah membuat artikel di atas! Aku jadi bisa menyelesaikan PR PAI, deh!

    BalasHapus
  104. Ferry Smith Sanders31 Agustus 2015 pukul 05.32

    This articles is very usefull for me, to learn about Islam more further.
    Thank you for the Admin.

    Selam aleykum...

    BalasHapus
  105. terimakasih ya buat yang menulis sifat allah

    BalasHapus
  106. nama lu cocoknya Shalib

    BalasHapus
  107. alhamdulillaah .. menurut aku, mau orang hafal asmaul husna atau sifat² Allah itu sama saja.. masih bagus juga ada yg hafal asmaul husna, tapi alangkah lebih baik hafalannya ditambah.. menurut aku sih ya :D

    BalasHapus
  108. ijin ambil matri buat tugas hafalan.......????

    BalasHapus
  109. silahkan didownload, ada linknya di akhir artikel

    BalasHapus
  110. Thanxs bro. Ini bermanfaat banget. jadi tau dalilnya :)

    BalasHapus
  111. kerja bagus, semoga bermanfaat. mohon penulisan sifat Alloh nomor 14 s/d 20 (yang di luar tabel) diperbaiki, sehingga cocok dengan kaidah nahwu/sharaf, yaitu menjadi KAUNUHU QADIRAN, ...MURIDAN, ...ALIMAN, ...HAYYAN,...SAMI'AN, ...BASHIRAN, ...MUTAKALLIMAN. Terimakasih.

    BalasHapus
  112. Makasih ya guys jadi bisa ngambil materinya buat tugas sekolah...:)

    BalasHapus
  113. Thank's blog nya... bisa bantu tugas sekolah

    BalasHapus
  114. makasih ya... ngebantu banget nih...

    BalasHapus
  115. lumayan lah ,buat nyontek ulangan P.A.I

    BalasHapus
  116. Terbantu sekali pa yang membuat blog ini

    BalasHapus
  117. keren...jadi tahu tentang sifat-sufat Allah

    BalasHapus
  118. Alhamdulillah...... tq
    Sangat membantu.. bermanfaat... ngak habis ilmu saudara...

    BalasHapus
  119. Lengkap pembahasan sifat-sifat Allah Ta'ala, terima kasih atas berbagi ilmunya :)

    BalasHapus
  120. saya sangat terbantu sekali,,,,,,,,, makasih

    BalasHapus
  121. tolong dong diberitahu dalil naqli (ayat al-qur'an) sifat jaiz allah

    BalasHapus
  122. assalamualaikum.
    terimakasih gan, ini cukup lengkap untuk bahan pembelajaran, ane juga sedikit-sedikit suks nulis di blog ane, terimakasih sekalilagi gan atan pencerahannya...^_^

    BalasHapus
  123. terima kaseh tuan, kerana memberi info yang berguna ini,semoga dimurah kan rezeki oleh allah taala dan dipanjang kan umur disihat kan badan dan mendapat keberkatan dari allah taala,amin yarabbalaalamin,

    BalasHapus
  124. tidak bisa di copy t kang.ane mau copy buat hafalan

    BalasHapus
  125. Bgus,tpi gk bsa di copy

    BalasHapus
  126. Kenapa kok hanya 20 sifat allah yg wajib kita ketahui..?

    BalasHapus
  127. tinggal Klik tulisan Download warna merah sebelah bawah Artikel ini,
    tunggu beberapa sa'at sambil menyiapkan PDF nya,
    Klik/Pilih download tulisan berwarna Biru
    selesailah

    BalasHapus
  128. iya juga bagus buat org islam

    BalasHapus
  129. enak jadi orang islam gak usah nyanyi nyanyi

    BalasHapus
  130. sodara iyan, ana setuju komentarnya ente...gk komplit sih..soalnya mengaji tauhid ini bkn sehari atau hitungan bulan atau th ngerti...utk sodaraku semua carilah guru yg bener bener memahami maknanya,sampai ke titik..mau ketemu tuhan yg gk gimana gimana dan gk seperti apa apa itu kan susah ketemunya..

    BalasHapus
  131. berarti anda orang bodoh alias kurang cerdas

    BalasHapus
  132. terimakasih artikelnya, saya download..

    BalasHapus
  133. Bang.. File"/materi buat ngajar santri ada yg Lain ngga? Apapun yg bisa dbagikan ke santri.. Send by email.. Tks

    BalasHapus
  134. Lengkap dan mudah dipahami banget penjelasannya. Semoga semakin eksis

    BalasHapus
  135. Assalamu Alaikum Wr...Wb..
    Kepada Yth:
    Pengelola web www.masuk-islam.com
    Di Tempat

    Materi secara kesulurahan bagus tapi ada yang perlu dikoreksi kembali yaitu berhati-hati dalam mengcopy al-Qur'an karena lafadz al-Qur'an yang anda tampilkan lafadznya terbalik (salah). terima kasih

    Wassalam..

    BalasHapus
  136. Mohon dikasih tahu bagian mana yang salah, agar kami tahu dan bisa kami rubah, terima kasih

    BalasHapus
  137. alhamduillah jadi saya tau ..

    BalasHapus
  138. yang faham minta penjelasan boleh tidak nama Allah Al Qobidhu dipakai untuk nama orang trim semoga ada yang bisa memberi jawaban

    BalasHapus
  139. makasih uda membantu kami semua.

    BalasHapus
  140. Emg nyanyi gx boleh ya dlm islam

    BalasHapus
  141. penting bro,, klu tidak shalatnya tidak sah

    BalasHapus
  142. Semua sifat 20 itu ada pada manusia hidup

    BalasHapus
  143. Karena halaman blog tidak mengizinkan untuk di copy pass, caranya download lewat PDF nya ... salam santun.

    BalasHapus
  144. Makasih ilmunya,izin download pdf.filenya

    BalasHapus
  145. Bisa mengetahui banyak ilmu islam di sifat ALLAH ini

    BalasHapus
  146. Bagus Aku ada tugas sekolah pas aku cari makasih

    BalasHapus
  147. Bgs bgt bisa untuk dihafal

    BalasHapus
  148. biar gak susah susah nyanyi hanya berdoa kepada allah

    BalasHapus
  149. bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

    BalasHapus
  150. mohon maaf semoga kita imani,tapi jangan sampai di akui ya .....

    BalasHapus
  151. terimakasih artikelnya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  152. Allah itu bersifat yg maha semporna. Segala sifat yg tidak sempurna itu bukan sifat Allah.

    Ini lebih mudah difahami oleh semua insan ciptaan Allah tanpa mengira agama.

    BalasHapus
  153. Alhamduliilah ada juga yamg kucari..... kereeen dah blog nya... juga yng punya blog nya juga suka ngebales pertnyaan di commend .. pokonya ajiib lahk

    BalasHapus
  154. Maf sblumx sy ingin brtanya,
    mngenai sifat Allah yg mustahil ada, sifat it kok ada sma manusia yah? Bkankah sifat itu ada pada manusia krn d berikan oleh Allah SWT? dan karna Allah yg memberi berarti dia jg punya? Mohon di bantu agar saya tdk salah memahami sesuatu

    BalasHapus
  155. Ya kamu buat yang lengkap

    BalasHapus
  156. Manusia yg mustahil kekal..
    Yg kekal hanya Allah..
    Monggo mikir!!?? :D

    BalasHapus
  157. Bagus.. makasih..
    Ini buat mengingatkan kita jgn mudah mengkafirkan org dan membidahkan orang..

    BalasHapus
  158. adam artinya tiada{bisa mati}

    BalasHapus
  159. Mana gan. Gada klik utk download nya .
    Padahal ane mao download bwt anak ane .

    BalasHapus
  160. Ada kok. tulisannya "download article as pdf"

    BalasHapus
  161. sangat bermanfaat terimakasih karena banyak pertanyaan tentang sifat² allah di ulangan nanti,karena ada artikel ini saya bisa menghafak

    BalasHapus
  162. ini kaka karesta diaz mitha kah??

    BalasHapus
  163. Emang nyanyi mau buka group band atau mau jd artis......zaman dahulu gk kenal lagu dan gk ada alat musik lo...

    BalasHapus
  164. Tidak ada dalam dalil manapun baik al-Quran atau hadits yang berbunyi Allah itu mempunyai 20 sifat wajib dan 20 sifat mustahil. Ini bikinan manusia saja, Rasulullah bahkan tidak pernah menjelaskan tentang ini.

    BalasHapus
  165. Terima Kasih Kareena Banyak Arti Arti Sifat mustahil allah dan sifat jaiz allah Dan Juga Sifat Wajib Allah..... :) :) :) Jadi Kalau Ada Ujian,ulangan,pertanyaan Tentang Sifat mustahil,sifat wajib,sifat jaiz allah saya dapat
    Menyawab Artinya.... :) :) :) :) :) Terima Kasih Banyak Banyak :D :D :D :) :) :)

    BalasHapus
  166. Iya....Nazwa Betul Banyak Manfaatnya... :) :) :) :* :* :* Terima Kaishhh :* :* :D

    BalasHapus
  167. Iya.........Nazwa Betul

    BalasHapus
  168. Bagus terima kasih.... :*

    BalasHapus
  169. qoriah suendar MSI7 April 2017 pukul 17.56

    situs ini pelit di copy artikelyna engga bisa padahal tulisan yang ada di dalam blog ini kan ilmu pasti anda juga copy dari buku bukan karangan anda sendiri,komersial sekali.
    bagi ilmu tapi manfaatnya kurang maksimal.

    BalasHapus
  170. naam, sebenernya harus dicari titik temunya dengan para dai sunnah

    BalasHapus
  171. Pendidikan Islam8 April 2017 pukul 08.50

    Artikel dapat anda download langsung, link download (download article as pdf) ada dibaian akhir artikel, silahkan di klik. Wassalam wr.wb

    BalasHapus
  172. Terima kasih ? sangat bermanfaat bagi saya untuk hafalan nanti

    BalasHapus
  173. Hahahaha sebab kau leka dan hanya berpegang pada Al quran.. Hhahahaha.. Rukun islam yg pertama itu apa ? Mengucap 2kalimah syahadat ? Burung tiung kalau diajar hari hari sebut nama Allah .. Burung tu pun boleh sebut. Hahahaha.. Maksud buruk tu tak tahu.. Nak jadi burung tiung ke ?

    BalasHapus
  174. Shafira Aulia Rizki16 April 2017 pukul 01.14

    Terima kasih, sangat membantu?

    BalasHapus
  175. Allah Mahas kuasa yang artinya maha segalanya, terus pertanyaan saya apakah Allah Maha bodoh? ketika dia tidak Maha bodoh berarti Gugur Maha kuasanya.penjelasanya apakah kita mengetahui bodohnya allah itu seperti apa? nah ketika kita dapat mengetahui/menggambarkan bodohnya Allah berarti kita sudah meyetarai atau Allah itu bisa di gapai oleh akal manusia sedangkan manusia itu hal yg terbatas sama saja kita membatasi allah

    BalasHapus
  176. Jadi kesimpulnya Tidak ada sifat mustahil bagi Allah, Ketika masih ada sifat Mustahil bagi Allah brearti Gugur Sifat Maha Kuasanya.Dan Allah tidak terbatas hanya dengan 99 sifat-sifat Allah . nama2 itu hanya untuk mempermudah manusia menyebut Allah dan memperkenalkan manusia terhadap Allah.

    BalasHapus
  177. Bismillah bermanfaat ,makasih

    BalasHapus
  178. syukron katsir ini banyaklah manfaat bagi saya

    BalasHapus
  179. gak bisa di download gan

    BalasHapus
  180. Pendidikan Islam4 Juni 2017 pukul 19.35

    bisa kok, nanti deh saya buat tutorialnya

    BalasHapus
  181. Anda ngomong apaan ya, kagak mudeng njirr. . .

    BalasHapus

Posting Komentar