10 Gangguan Setan dalam Sholat Beserta Dalilnya

Masuk-islam.com - Setan tidak akan berhenti menggoda manusia sampai akhir zaman (hari kiamat), itulah pekerjaan setan yang memang di izinkan oleh Allah untuk menggoda manusia, akan tetapi hanya orang yang benar-benar beriman yang tidak akan tergoda oeh bujuk rayu setan, setan akan mencari teman untuk menemaninya di neraka kelak, dalam hal ibadah sholat pun kita tak luput dari godaannya.

Apasajakah jenis godaan dan gangguan-gangguan setan ketika kita sedang sholat, berikut dibawah ini adalah 10 gangguan setan dalam sholat :
sholat diganggu setan
1. WAS-WAS SAAT MELAKUKAN TAKBIRATUL IHRAM

Saat mulai membaca takbiratul ihram “Allahu Akbar” , ia ragu apakah takbir yang dilakukannya itu sudah sah atau belum sah, Sehingga ia langsung mengulanginya lagi dengan membaca takbir, Peristiwa itu terus menerus terulang, terkadang sampai imamnya hampir ruku’.
Ibnul Qayyim berkata, “Termasuk tipu daya syaitan yang banyak menggangu mereka adalah was-was dalam bersuci (berwudhu) dan niat atau saat takbiratul ihram dalam sholat”. Was-was itu membuat mereka tersiksa dan tidak nyaman.

2. TIDAK KONSENTRASI SAAT MEMBACA BACAAN SHOLAT

Sahabat Rasulullah SAW yaitu ‘Utsman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu.
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya syaitan telah hadir dalam sholatku dan membuat bacaanku salah dan rancu”. Rasulullah SAW menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah SWT. Aku pun melakukan hal itu dan Allah SWT menghilangkan gangguan itu dariku”. (HR. Muslim)

3. LUPA JUMLAH RAKAAT YANG TELAH DIKERJAKAN

Abu Hurairah r.a berkata.
“Sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda, “Jika salah seorang dari kalian sholat, syaitan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam”. (HR Bukhari dan Muslim)

4. HADIRNYA FIKIRAN YANG MEMALINGKAN KONSENTRASI

Abu Hurairah r.a berkata:
“Rasulullah SAW bersabda, “Apabila dikumandangkan adzan sholat, syaitan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara adzan tersebut. Apabila muadzin telah selesai adzan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang sholat seraya berkata kepadanya, ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat! Sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia sholat”. (HR Bukhari)

5. TERGESA-GESA UNTUK MENYELESAIKAN SHOLAT

Ibnul Qayyim berkata.
“Sesungguhnya ketergesa-gesaan itu datangnya dari syaitan, karena tergesa-gesa adalah sifat gegabah, asal dan sembrono yang menghalang-halangi seseorang untuk berperilaku hati-hati, tenang dan santun serta meletakkan sesuatu pada tempatnya. Tergesa-gesa muncul karena dua perilaku buruk, yaitu sembrono dan terburu-buru sebelum waktunya”.

Tentu saja bila sholat dalam keadaan tergesa-gesa, maka cara pelaksanaannya asal. Asal mengerjakan, asal selesai dan asal jadi. Tidak ada ketenangan atau thuma’ninah. Pada zaman Rasulullah SAW ada orang sholat dengan tergesa-gesa. Akhirnya Rasulullah SAW memerintahkannya untuk mengulanginya lagi karena sholat yang telah ia kerjakan belum sah.

Rasulullah SAW bersabda kepadanya.

“Apabila kamu sholat, bertakbirlah (takbiratul ihram). Lalu bacalah dari Al-Qur’an yang mudah bagimu, lalu ruku’lah sampai kamu benar-benar ruku’ (thuma’ninah), lalu bangkitlah dari ruku’ sampai kamu tegak berdiri, kemudian sujudlah sampai kamu benar-benar sujud (thuma’ninah) dan lakukanlah hal itu dalam setiap rakaat sholatmu”. (HR Bukhari dan Muslim)

6. MELAKUKAN GERAKAN-GERAKAN YANG TIDAK PERLU

Dahulu ada seorang sahabat yang bermain kerikil ketika sedang tasyahud. Ia membolak-balikkannya. Melihat hal itu, maka Ibnu Umar segera menegurnya selepas solat:
“Jangan bermain kerikil ketika sholat karena perbuatan tersebut berasal dari syaitan. Tapi kerjakan seperti apa yang dikerjakan Rasulullah SAW”. Orang tersebut bertanya, “Apa yang dilakukannya?” Kemudian Ibnu Umar meletakkan tangan kanannya diatas paha kanannya dengan jari telunjuk menunjuk ke arah kiblat atau tempat sujud. “Demikianlah saya melihat apa yang dilakukan Rasulullah SAW”, kata Ibnu Umar. (HR Tirmidzi)

7. MELIHAT KE KANAN ATAU KE KIRI KETIKA SHOLAT

Dengan sadar atau tidak, orang tersebut melihat ke kiri atau ke kanan, itulah akibat godaan syaitan penggoda. Karena itu, setelah takbiratul ihram, pusatkan pandangan pada satu titik. Yaitu tempat sujud. Sehingga perhatian kita menjadi fokus dan tidak mudah dicuri oleh syaitan.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a, ia berkata:
“Saya bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hukum melihat ketika sholat”. Rasulullah SAW menjawab, “Itu adalah curian syaitan atas sholat seorang hamba”. (HR Bukhari)

8. MENGUAP DAN MENGANTUK

Rasulullah SAW bersabda:
“Menguap ketika sholat itu dari syaitan. Karena itu bila kalian ingin menguap maka tahanlah seboleh mungkin”. (HR Thabrani).

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda:

“Adapun menguap itu datangnya dari syaitan, maka hendaklah seseorang mencegahnya (menahannya) selagi boleh. Apabila ia berkata ha… berarti syaitan tertawa dalam mulutnya”. (HR Bukhari dan Muslim)

9. BERSIN BERULANG KALI SAAT SHOLAT

Syaitan ingin menggangu kekhusyu’an sholat dengan bersin sebagaimana yang dikatakan Abdullah bin Mas’ud:
“Menguap dan bersin dalam sholat itu dari syaitan” (Riwayat Thabrani).

Ibnu Hajar mengomentari kenyataan Ibnu Mas’ud: “Bersin yang tidak disenangi Allah SWT adalah yang terjadi dalam solat sedangkan bersin di luar sholat itu tetap disenangi Allah SWT. Hal itu tidak lain karena syaitan memang ingin menggangu sholat seseorang dengan berbagai cara”.

10. TERASA INGIN BUANG ANGIN ATAU BUANG AIR

Rasulullah SAW bersabda :
“Apabila salah seorang dari kalian bimbang atas apa yang dirasakan di perutnya apakah telah keluar sesuatu darinya atau tidak, maka janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin telah mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya”. (HR Muslim)

Wallahu a’lam bis showab

Itulah "10 Gangguan Setan dalam Sholat Beserta Dalilnya" yang dapat kami sampaikan, semoga menambah pengetahuan agama kita!

Ref : berjamaah.com/sepuluh-gangguan-setan-dalam-sholat.html

Komentar

  1. rafif@obat herbal jantung12 Mei 2013 pukul 00.43

    terasa ingin buang angin atau buang air ini sering kalau shalat jumat, ya sebisa mungkin ditahan apakah masih sah atau tidak gan?

    BalasHapus
  2. pendidikan islam25 Mei 2013 pukul 07.21

    hukumnya makruh!

    BalasHapus
  3. ketika sholat, tiba2 mendengar anak yang masih bayi menangis, apakah harus dibatalkan gan sholatnya.?

    BalasHapus
  4. pendidikan islam12 Juni 2013 pukul 18.23

    @bunda syakira-->kalo tangisannya membuat kita was-was dan tidak khusuk mending dibatalin saja!

    BalasHapus
  5. Mohon download ebook pendidikan islamnya,dan terimah kasih banyak sebelmya.Insya Allah amal kebaikan anda diterimah di sisi Allah Swt,amii........n

    BalasHapus
  6. silahkan download langsung

    BalasHapus
  7. Muhammad Syukron Jamil9 Maret 2014 pukul 15.59

    Syukron katsiraan...

    BalasHapus
  8. Muhammad Syukron Jamil9 Maret 2014 pukul 16.00

    kenapa makruh?

    BalasHapus
  9. Saya selalu menguap setiap saya shalat, paling sedikit 3x menguap. Apakah setan yg mengganggu saya sangatlah banyak? Adakah cara lain untuk menghindari godaan tersebut selain menahannya?

    BalasHapus
  10. pendidikan islam3 Maret 2015 pukul 17.57

    Sebelum sholat baca taawudz ('audzubillahiminassaitoonirrojiim yang artinya aku berlindung kdp Allah dari godaan setan yang terkutuk) mantapkan bacaan tersebut dalam hati dan penuh pengharapan kpd Allah agar dilindungi dari godaan setan

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum. Boleh menanya apakah gangguan syaitan itu apabila sya sholat sering keliru. Dan takut salah..

    BalasHapus
  12. jika kita sedang mendengar khutbah jumat, tapi kita tertidur tapi udah masuk mimpi jadi gak mendengar khutbah, apakah sah sholatnya?.
    Trus semisalnya pas kita tertidur kita gatau tuh kita ngiler apa enggak, bangun" udah iqamah langsung sholat. Gimana tuh sah gak tuh sholat nya?

    BalasHapus
  13. harus wudhu dulu, karena sudah tertidur lelap

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ,
    Admin mau tanya nih,kenapa setiap sholat pasti selalu kebayang wanita yg kita cintai,tp kebayankan itu membuat kita tenang,apa kah itu yg dibilang harus yakin,apa itu cuma setan saja,tp sholat saya gk lupa baca'annya.

    BalasHapus
  15. pendidikan islam23 Juni 2015 pukul 20.31

    godaan setan itu

    BalasHapus
  16. ya lanjut kan saja

    BalasHapus
  17. jangan sampai

    BalasHapus
  18. kita musti konserentrasi

    BalasHapus
  19. Setiap melakukan sholat rasanya ingin buang angin. Trus saya menahannya sebisa mungkin.. trus di perut seperti terjadi suara. Gi mn hukumnya..

    BalasHapus
  20. mengapa setiap shalat setan selalu mengagu ku .bagaimana caranya supaya syetan tidak mengagu ku lagi setiap shalat saya selalu menggaruk-garuk telinga

    BalasHapus
  21. dan mengapa syetan selalu ada

    BalasHapus
  22. Apa arti shalat tapi merasa seperti ingin menangis. Saya kadang sperti itu ketika shalat.

    BalasHapus
  23. apakah anda khusuk dalam keadaan menangis, jika sholat anda khusuk tidak masalah.
    Wallahu 'Alamu Bisshowwab

    BalasHapus
  24. saat saya solat sering kali saya berhayal, tetpi hayalan saya itu tentang ingin selalu dekat dengan ALLAH SWT. juga akan tetapi karena itu sedikit ke khusuan saya sedikit berkurang....
    boleh apa tidak???

    BalasHapus
  25. supaya sholat anda khusus, selalu terjemahkan dan hayati setiap bacaan-bacaan sholat, bukan dengan berkhayal

    BalasHapus
  26. Saat sholat sering merasa kehadiran makhluk lain.apakah itu juga gangguan setan?

    BalasHapus
  27. Bagaimana cara menghindari gangguan syaitan selain dgn taawudz?

    BalasHapus
  28. Asslmlkm...
    Min waktu sy sholat fikiran rasa'a bicara bahkan sampai ada cacian . Itu masih blm sanggup sy tahan. Gk papa min? Minta solusi min
    Wassalam...

    BalasHapus
  29. kalau sholat bayangkan bahwa besok anda akan mati dan tidak mempunyai amal yang cukup tuntuk dibawa mati, renungkan dan bayangkan sambil mengingat Allah swt. insyaallah dengan cara tersebut sholat anda akan khusuk

    BalasHapus
  30. Sah gan selagi belum tercium baunya

    BalasHapus
  31. Pendidikan Islam2 Maret 2017 pukul 17.04

    selalu dalam keadaan punya wudhu, berwudhu dalam setiap kesempatan

    BalasHapus
  32. Assalamuallaikum wr wb..
    Min tolong gimna nih pas saya sholat fardu .Misal magrib pas rakaat pertama saya baca alfatihah langsung rukuk belom sempet baca surat2 pendek dan kebetulan inget waktu sujud ..
    Itu gimna ya..
    Tolong jawabannya ..
    Wasalam.wr wb

    BalasHapus
  33. Pendidikan Islam11 Mei 2017 pukul 16.24

    gak masalah, sholat tetap sah walaupun belum baca surat pendek, karena surat pendek bukan termasuk rukun sholat

    BalasHapus
  34. Ust nanya saya baca artikel ini dari 10 ciri diatas saya sering sekali mengalami 7 dari 10 ciri tsb bahkan hampir setiap hari saya melakukannya itu gimana solusi nya

    BalasHapus
  35. Subhanallah sangat bermanfaat , terimakasih

    BalasHapus
  36. Kalau tidurnya duduk itu tidak batal wudhunya.

    BalasHapus
  37. asslmkm” minta kongsi ilmu ny gan!! slpas solat sy menruskn dngn bcaan2 dzikir “ astgfrllh subhanllh” alhmdllh” dsb!! yng mau d pertnyakn!! dlm’ keadaan berdzikir td” sy boleh t’tidur dlm k adaan duduk!! hingga sy terlupa akan jumlh bilngan dzikir td?? apakah ini slh satu dri dtang ny gangguan syaitan?? minta kongsi ilmu ny gan

    BalasHapus
  38. Anda adalah orang istimewa, kemubgkinan calon 'Ulama sehingga banyak setan yg ingin mencegahnya. lawan saja dan perbanyak belajar ilmu agama. Buktikan pada setan bahwa anda memang layak dan pantas menjadi ulama. Amin Ya Rabbal Alamin...

    BalasHapus
  39. Bisa jadi ya bisa tidak! kalau anda kurang tidur terus ngantuk ketika dzikir mungkin ini alamiah, tapi kalau sebelum dzikir badan masih fit tidak ada rasa kantuk, kemudian ketika dzikir tiba-tiba ngantuk boleh jadi salah satu gangguan dari syetan. Wallahu 'Alamu Bisshowwab

    BalasHapus

Posting Komentar