Bagaimanakah Posisi Makmum dan Imam Yang Benar Dalam Sholat Berjamaah (Gambar)

Masuk-islam.com - Kelihatannya cukup sepeleh mengenai posisi imam dan makmum ketika shalat berjamah, akan tetapi posisi imam dan makmum ketika shalat berjamaah mempunyai aturan yang harus diterapkan demi tercapainya kesempurnaan shalat.

Bagaimanakah posisi imam dan makmum yang benar dalam shalat berjamaah ? Dimanakah posisi makmum perempuan dan makmum laki-laki yang benar, semuanya akan terjawab pada gambar dibawah ini, perhatikan dan simak gambar dibawah ini dengan baik (Untuk memperbesar gambar klik pada gambar tersebut)

posisi makmum dan imam yang benar dalam sholat

[caption id="attachment_4075" align="aligncenter" width="490"]posisi imam dan makmum dalam sholat Klik untuk memperbesar gambar[/caption]

shof sholat yang benar




[caption id="" align="aligncenter" width="600"]posisi imam dan makmum shalat lengkap Klik untuk melihat gambar lebih besar[/caption]

Bagaimana? sudah paham dengan penjelesan gambar mengenai posisi imam dan makmum dalam sholat ! kami harap anda sudah memahaminya, akhir kata semoga tulisan ini bermanfaat. Wassalam W.Wb.

Komentar

  1. trims, sangat bermanfaat bagi ane tuk mendalalmi addin...

    BalasHapus
  2. trimakasih, pembahasan2nya sangat bermanfaat bagi kami untuk menyampaikan dakwah di pedalaman kalbar, karena masarakat ditempat kami masih minim pengetahuannya tentang agama, wassalam.

    BalasHapus
  3. Mengapa aku kurang sreg dengan pernyataan dari gambar diatas ya?
    masalah begini (disitu antara pundak dengan kaki harus dberdempetan)
    Dulu saya pernah sholat di salah satu masjid disurabaya, ketika hbis takbir saya baru masuk sebagai ma'mum, sepontan kaki teman saya mencari2 kaki saya itu dilakukan ketika habis selesai gerak. ahirnya saya juga merasa terganggu dengan keadaan seperti itu.
    ....
    bukannya yang disuruh meluruskan adalah pundaknya saja?
    mohon penjelasan dan riwayat yang menjelaskannya.
    "Jazakumullah Ahsanal Jaza'".

    BalasHapus
  4. lakukan sesuai kemampuan maksimal anda saja

    BalasHapus
  5. saya mutar-mutar kok susah nyarinya ya, misal gw punya banyak cewek, posisi gw ketika imam itu disebelah mana, dalam artian gw cowok sendiri dan jama'ah cewek yang banyak, dan dalilnya apa? terimakasih.. galau ini saya

    BalasHapus
  6. Posisi anda di depan tengah-tengah, sedangkan semua makmum wanita di belakang anda

    BalasHapus
  7. Gambar jamaah berdua, jika sejajar nanti kalau imam bangun dari sujud maka bokong makmum lebih maju dari imam, batal jamaahnya.
    Pendapat imam syafii, makmun setengah shaf dibelakang imam.

    BalasHapus
  8. jika makmumnya semua perempuan gimana ya posisinya

    BalasHapus
  9. di belakang imam semuanya

    BalasHapus
  10. klo perempuan mengimami perempuan lg tp posisinya imam di depan & makmum2nya di belakang, atau sholat 2 org perempuan tp makmumnya mundur setengah shaf dr imam itu sah ga ya sholatnya?

    BalasHapus
  11. maaf, kalo dalam satu shaf sudah penuh tidak ada ruang, kemudian ada yang tertinggal dan hanya sendirian dibelakang dan mengikuti sholat berjamaah sebagai makmum, bagaimana? karna dalam satu shaf hanya sendirian, apa harus mengulang sholatnya?

    BalasHapus
  12. pendidikan islam21 Mei 2015 pukul 19.42

    tetap terhitung jamaah, tidak harus mengulang sholatnya

    BalasHapus
  13. Assalammualaikum
    Sya mau tnya,sya bkrja mengabdi disebuah keluarga.ketika sholat berjamaah,sya ikut serta.tpi majikan prempuan sya selalu berada di kiri dari imam sholat,sbnarnya yg bnar itu dsblah kanan atau kiri dari imam??dan lagi,entah orangnya memang benci dgn sya atau bgaimana ketika sholat shaf hmpir tdk prnah merapat/dekat dgn sya.apa yg harus sya lakukan,agar sholat kami sah??
    Mohon dijawab..

    BalasHapus
  14. pendidikan islam6 Juli 2015 pukul 19.11

    sebelah kanan imam. mungkin pengetahuan agama majikan anda kurang, dan kita tidak boleh berprasangka buruk, doain aja supaya dia dapat petunjuk

    BalasHapus
  15. izin share di blog saya ya ...
    terimakasih..

    BalasHapus
  16. Maaf, kalau di gambar tertulis benar dan salah, berarti kita berdosa dong bila tidak seperti itu? Berarti kita harus/wajib seperti itu atau harus bagaimana?
    Lalu sebenarnya arti sunnah itu sendiri apa? Bukannya kalau kita melaksanakan sunnah tersebut kita dapat pahala dari sunnah tersebut,bila kita tidak melaksanakan bukankah kita tidak mendapat pahala sunnah tersebut?
    Memang kita sebaik baiknya mengikuti sunnah Rosul,tp bukankah bila kita tidak melaksanakan sunnah tersebut berarti kita tidak mendapat pahala sunnah tersebut, lalu kalau dihukumi salah seperti gambar diatas, bukankah menjadi wajib bukan sunnah lagi,mohon penjelasannya supaya sunnah Rosul tetaplah sunnah jangan sampai yang tidak melaksanakan adalah salah

    BalasHapus
  17. Maaf, saya hanya kurang setuju dengan tulisan salah pada gambar,
    Alangkah baiknya bila yg salah tertulis tidak sesuai sunnah,itu lebih baik
    Karena bila tertulis salah berarti ada yang benar, sedangkan yang benar seperti apa hanya Allah dan Rosulullah yang lebih mengetahui,
    bila dalam gambar tertulis salah berarti kita berdosa bila tidak melaksanakan, sedangkan ini sunnah? Apakah seluruh umat yang sholat tidak sesuai sunnah adalah salah?
    Terima kasih

    BalasHapus
  18. Mohon diperjelas sunnah Rosulullah itu apa sebenarnya?
    Bila tidak melaksanakan sunnah tersebut apa hukumnya, baik dalam sholat ataupun ibadah lainnya?

    BalasHapus
  19. Sekali lagi sy mohon maaf yg sebesar-besarnya karena masih bodoh&kurangnya ilmu agama yg sy miliki,

    Semoga Allah selalu memberikan keberkahan ilmu kepada kita semua
    aaamiiin

    BalasHapus
  20. sunnah rasulullah itu sesuatu yang biasanya dilakukan oleh rasulullah, bila tidak melaksanakan sunnah tersebut tidaklah mengapa dan tidak dosa. kecuali sesuatu yang hukumnya wajib atau rukun, berarti sesuatu yang harus dilaksanakan

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum wr. wb.
    Matur nuwun sanget sudah dishare. Barakallah.
    Mau tanya kok tidak bisa diperbesar ya?
    Waalaikumsalam wr. wb.

    BalasHapus
  22. Wa'alaikum salam wr.wb.
    Sudah kami perbaiki, sekarng bisa diperbesar (namun gambarnya agak pecah)
    Terima kasih

    BalasHapus
  23. So makasih atas infonya tadzz

    BalasHapus

Posting Komentar