Insan L.S. Mokoginta Peraih Muallaf Award 2006 dan 2007 : Orang Kristen Wajib Masuk Islam

Insan L.S. Mokoginta Missionaris KristenDi adalah Insan L.S. Mokoginta, seorang mantan Kristen yang telah masuk islam, Pendidikan yang diberikan orangtua memang sangat mempengaruhi akidah seorang anak. Hal ini terlihat langsung dalam kehidupan Insan Mokoginta. Lahir di Kotamobagu, Sulawesi Utara, 8 September 1949. Insan sesungguhnya terlahir sebagai Muslim. Ibunya seorang muslimah yang menikah dengan ayahnya yang semula non-Muslim. Sang ayahpun masuk Islam ketika menikah. Anggapan bahwa semua agama adalah benar, membuat Insan dan tujuh saudaranya bersekolah di sekolah Nasrani. Pengaruh sekolah itulah yang kemudian menjadikan Insan dan ketujuh saudaranya menjadi penganut Nasrani.

Islam Lebih Baik dari Kristen

Insan Mokoginta yang akrab disapa Pak Moko ini kembali ke pangkuan Islam bermula dari perantauannya ke Jakarta (1976). Kebetulan di Jakarta, ia berkenalan dengan keluarga Muslim yang selalu berusaha hidup sesuai dengan syariat Islam. Selama empat tahun ia berada di lingkungan yang islami, nuraninya kemudian mengatakan bahwa kehidupan beragama dalam Islam ternyata jauh lebih baik daripada Kristen.

Menurut Insan, dalam Islam masalah akidah dan akhlak diajarkan dengan sangat terperinci dan diutamakan. Kedamaian itu berasal dari akidah seorang Muslim dan akhlak yang terpancar dari akidahnya yang lurus. Karena itu, dalam Islamlah kedamaian, ketenangan, dan cinta yang sejati saya temukan. Ajaran kasih yang sesungguhnya ada dalam ajaran Islam. Itulah titik cahaya yang menuntun saya hijrah kepada Islam.

Walaupun demikian, perjalanan menuju cahaya Islam tak mudah baginya. Proses perenungan dan pengkajian yang ia lalui, begitu panjang. Dari proses itulah Insan memperoleh sebuah kesimpulan yang sangat akurat. “Dengan memeluk agama Islam, kita mendapatkan keuntungan ganda, yakni menjadi pengikut Muhammad SAW, sekaligus tidak meninggalkan Yesus (Isa). Sebab Yesus atau Nabi Isa adalah nabi yang sangat dihormati dan diimani oleh setiap Muslim. Sementara jika orang Islam masuk ke agama Kristen, dia mendapatkan kerugian ganda, yakni meninggalkan Muhammad SAW dan mengira menjadi pengikut Yesus, padahal menjadi pengikut Paulus,” ujar ayah dua anak ini.

Mengapa umat Kristen disebutnya justru sebagai pengikut Paulus? “Karena ajaran Kristen itu sudah terkontaminasi campur tangan Paulus,” jelas Insan penuh semangat.

Banyak hal-hal yang diperintahkan dalam Alkitab, kata Insan, dilanggar oleh umat Kristiani atas instruksi Paulus. Misalnya perintah sunat (khitan). Di dalam Alkitab, Lukas 2 ayat 21, dijelaskan bahwa Yesus disunat ketika genap berusia delapan hari. Namun, perintah ini tidak dilaksanakan umat Kristiani, karena memang Paulus melarang sunat. Dengan begitu mereka membangkang ajaran Yesus, dan lebih memilih Paulus.

Latar belakang pendidikan dan aktivitasnya sebagai misionaris kristen saat belum ber-Islam, membuatnya mampu dengan tepat menyampaikan dakwah dengan metodologi perbandingan antara Islam dan Kristen.

Caranya dengan membenturkan fakta kebenaran Islam dan al-Qur’an dengan dogma yang ada dalam Kristen dan Alkitab. Dari metode inilah akan terkuak kebenaran-kebenaran Islam, sehingga akan menambah keimanan umat Islam dan kekaguman kaum Kristen terhadap Islam. “Pada 2005, di sebuah forum saya pernah menantang dan bertaruh akan masuk Kristen kembali, apabila di antara mereka (pendeta) ada yang hafal satu lembar saja isi Alkitab. Namun, tidak ada yang bisa memenuhi tantangan saya. Lalu saya katakan bahwa al-Qur’an adalah kitab suci yang mudah dihafal dan dipelajari. Itulah mukjizat al-Qur’an. Tapi, Alkitab bukan kitab suci, karena tidak mempunyai mukjizat. Syarat bahwa itu kitab suci adalah mengandung mukjizat. Mereka hanya terdiam,” ungkapnya.

Dakwah Penuh Ancaman
Dakwahnya bukan berarti tak pernah berhadapan dengan rintangan. Rintangan awalnya justru dari istri tercinta. Istri hanya khawatir akan kesibukannya yang tinggi di jalan dakwah, menyita waktunya mengurusi bisnis yang juga menuntut perhatian. Namun, sang istri akhirnya memahami alasan sang suami dan akhirnya justru mendukung penuh perjuangan Insan.

Rintangan selanjutnya, datang berupa ancaman dan teror. “Saya sering menerima pesan singkat (sms) ataupun telepon ‘gelap’ yang isinya ancaman,“ katanya. Tahun 2000, saat Insan mengendarai mobil di jalan tol Jakarta, kaca mobilnya pecah diterjang peluru. Tapi, Alhamdulillah, Insan masih dilindungi Allah. Teror-teror itu memang sangat berkaitan dengan isi dakwah Insan yang dianggap mengancam eksistensi umat Kristen.

Karir dakwahnya dimulai dari aktivitasnya menulis buku Kristologi. Buku itu lalu diperbanyak dan disebarluaskan agar bisa dibaca oleh umat.

Dari menulis buku, Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Depok ini memberanikan diri untuk tampil di depan umum. “Konsekuensinya bisnis saya tidak terurus lagi dan saya serahkan kepada istri dan anak-anak, karena waktu saya tersita untuk dakwah,” ujar pemilik toko material bangunan ini.

Dakwah Di Luar Negeri
Dakwah pendiri FAKTA ini semakin meluas. Kini, Insan telah merambah ke luar negeri. Langkah nyata yang telah diayunkannya adalah dengan mendirikan perpustakaan Birrul Walidain di Hong Kong.

Menurut pengamatan Insan yang beberapa kali ke Hong Kong, di sana arus Kristenisasi begitu kuat, terutama di kalangan TKW asal Indonesia.

Banyak misionaris muda dan berparas ganteng dari berbagai negara yang berkeliaran. Apalagi setiap Minggu, di lapangan Victory Park, hampir di setiap jarak 10-20 meter, pasti ada kelompok pengajian Alkitab yang dimotori para misionaris. Pendengarnya sebagaian besar muslimah. “Ulah mereka itu membuat cukup banyak muslimah kita yang murtad,“ jelasnya.

Berangkat dari fenomena yang memprihatinkan inilah, Insan melakukan pengkaderan khusus tentang bagaimana menghadapi misionaris. Bersama beberapa muslimah yang peduli, mereka mendirikan perpustakaan yang bernama Birrul Walidain. Insan kemudian menyuplai berbagai judul buku dan VCD Kristologi. Alhamdulillah, manfaatnya sangat besar. Banyak akhwat di sana yang sanggup berhadapan bahkan menantang debat para misionaris dan pendetanya, untuk membuktikan bahwa Islamlah yang benar.

Tantang Debat Pendeta Kristen Dengan Undian Berhadiah Mobil
Ada metode menarik yang digunakan Insan dalam menyebarkan materi dakwahnya, yaitu dengan mempublikasikan perdebatannya dengan kelompok Kristen dalam bentuk CD dan menulis buku kristologi yang selalu disertai undian berhadiah mobil dan rumah beserta isinya.

Suami dari Marsuni ini menjelaskan, semua itu dilakukannya agar materi dan perdebatannya dengan para pendeta Kristen dapat diabadikan dan disaksikan oleh semua orang. Sementara mengenai undian berhadiah mobil dan rumah, Insan mengakui itu adalah bagian dari siasatnya dalam berdakwah.

Memang ada buku karyanya yang berjudul, Mustahil Kristen Bisa Menjawab disertai hadiah mobil BMW bagi mereka yang bisa menjawab beberapa pertanyaan dari Alkitab. Ini untuk menunjukkan, bahwa semua pertanyaan yang Insan ajukan itu bukan main-main. Tapi sampai sekarang belum ada satu pun yang sanggup menjawabnya. “Inilah yang menunjukkan kelemahan Alkitab,”

Mau tahu karya buku-bukunya yang fenomenal yang berisi tentang tantangannya dengan orang-orang kristen, tunggu di artikel berikutnya!

Komentar

  1. Bagaimana saudara ( Irsan ) mengatakan dia mengimani ( Isa ) sedangkan ajaran Isa berbeda dgn ajaran Muhammad...
    Saudara2 bisa kunjungi di santosogatotbudi.wordpress.com
    juga di isadanislam.com
    Semoga saudara mendpt hidayah dari Tuhan
    Untuk muslimah bisa kunjungi di isaislamdankaumwanita.com

    BalasHapus
  2. donny ahmad khomaini7 Februari 2014 pukul 18.27

    isa adalah termasuk 25 nabi umat islam, smua nabi beragama islam, semua umat islam wajib mengimani para nabi terdahulu.
    perlu diketahui bahwa alquran adalah sumber kehidupan.
    alquran adalah mukjizat nabi muhammad saw.dan alkitab tidak ada kejelasan tentang mukjizat.alkitab adalah karangan orang2 kafir saja bukan perkataan dari tuhan

    BalasHapus
  3. Apkh bnar demikian, .....? Anda tdk memiliki tujuan yg trselubung ? ,,,,mf sy tdk prcaya

    BalasHapus
  4. jujur saya super bingung,Yesus Kristus sudah ada sebelum ni orang lahir.kenapa sih benci banget? mau pengkut Paulus kek apa urusan sama dia? yakin 100% matinya bakal masuk surga? atau sudah 100% tidak pernah berbuat dosa sehingga berani membuat pernyataan seperti ini? menurut iman saya sebagai Kristen hanya iblis musuh semua manusia,tidak ada yang lain

    BalasHapus
  5. waduh kamu berarti malaikat donk bisa tau orang Kristen tuh kafir! yawdah kalau orang Kristen kafir kamu 100% bisa masuk surga ya? udah bebas dari dosa? gak pernah berbuat salah? baca Alkitabnya dengan hati bersih atau negatif thinking tingkat tinggi?

    BalasHapus
  6. Kasihan Anda.. Inilah cara licik orang kristen, pakai judul islam untuk menipu umat islam.. lebih baik Anda belajar lagi, biar ngga tersesat di kristen terus.. Hujatan dan fitnahan situs kristen berkedok islam sudah di bantah.. Baca disini, lengkap : http://duniamuallaf.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. maaf bagi temen2 yang mau masuk kristen , tempat sudah penuh , sementara ga terima umat dulu (lihat aja parkiran di gereja pada penuh) bangku2 di gereja juga penuh.
    umat kristen lebih disayang Tuhan , dikasih duduk saat di rumahnya, ka kaya di tempat lain , kalau ga berdiri ya duduk di lantai ha ha ha .jadi kehidupan ini kaya naik MRT / KRL siapa yang dapat kursi ya beruntung dan berdiri saat dekat stasiun ahir, kalau sudah dapat kursi buat apa duduk/ berdiri.
    kita umat pilihan maka berpikirlah kawan 2 . salam

    BalasHapus
  8. jadi untuk saudara saudaraku yang muslim . masuk kristen tuh tidak mudah, punya uang dll juga belum tentu diterima ga kaya masuk islam tinggal baca syahadat
    makannya yok kita hidup damai 2 yah........
    urus kerjaan kita masing2 kita majukan bangsa ini

    BalasHapus
  9. KITA SEMUA KEMBALI AJA PADA KITAB SUCI MASING2 .AKU YAKIN ORANG KRESTEN BANYAK YG GK PAHAM KITABNYA . TLNGLAH ORANG KRESTEN MAU SEJENAK BERPIKIR TTG KITAB INJIL { PERLU ORANG KRESTEN KETAHUI BAHWA KITAB INJIL ITU BUKAN BUATAN ALLAH ATAUPUN BUATAN JESUS AKAN TTP KITAB INJIL ITU ADA STLH JESUS TIADA} JADI KEBENARAN ISI KITAB INJIL ITU JESUS SENDIRI TIDAK TAHU KARENA JESUS SENDIRI GAK PUNYA KITAB INJIL SEPERTI SKRANG INI

    BalasHapus
  10. SEBENARNYA GK ADA GUNANYA MEMUSUHI AGAMA ISLAM ATAUPUN ORANG ISLAM KARENA AGM ISLAM ATAUPUN ALQURAN TELAH DIJAGA KEMURNIANNYA OLEH ALLAH SWT. APA GUNANYA MISI KRESTENISASI ANDAIKAN DIPIKIR SCR MENDALAM ITU GAK ADAGUNANYA BAGI UMAT KRESTEN ITU SENDIRI KRN JESUSMU ATAU ALLAHMU TIDAK MEMBERI HADIAH APAPUN MISI TSB . LAIN HALNYA KALO ISLAMISASI JANJI ALLAH SWT ALLAH AKAN NGASIH PAHALA YG TIADA TARA BG ORANG YG MAU MELAKSANAKAN ISLAMISASI , KRN ITU SADARLAH UMAT MANUSIA

    BalasHapus
  11. Bayanain aja,,tuhan bisa qt ciptakan dr besi,emas,perak dll. Trus abs itu qt sembah,,,kan aneh,,di injil jg tdk ada terperinci ttg proses penciptaan mnsia,dll
    So be smart kawand

    BalasHapus
  12. ajaran Nabi Isa dan Nabi Muhammad sama kok. Sama2 memerintahkan untuk menyembah Allah SWT, dan menjadikan Allah SWT sebagai satu2nya yang disembah. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Nabi Isa gak pernah sekalipun nyuruh umatnya buat nyembah dia. Dia nyuruh buat nyembah Allah. Itu ada di alkitab.

    BalasHapus
  13. kalo orang kristen menganggap orang islam itu apa? kafir? domba tersesat?
    udah punya alquran yang lebih update daripada alkitab. baca2 alkitab cuma buat nyari kelemahannya.

    BalasHapus
  14. hai orang Kristen dimana saja engkau berada.. jika sampai hari ini engkau masih Kristen dan mengimani Yesus Kristus adalah juru selamatmu maka, tetap lah seperti itu sebab imanmu itu tepat sekali... tidak ada seorang pun yang akan datang ke Bapa jika tidak mengenal Yesus Kristus... ingat!!!!! hidup bukan hanya didunia ini saja..

    BalasHapus
  15. otakmu sekecip pikiranmu

    BalasHapus
  16. Yang Kristen silakan baca Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama secara lengkap dan tuntas. Demikian pula yang Islam baca Qur'an secara lengkap da tuntas.
    Ada 1 hal yang pasti, kebenaran itu tunggal tidak mungkin semua agama sama. Hanya 1 kebenaran. bandingkan keduanya. Kalau tidak punya cukup waktu bandingkan pokok-pokok ajaran masing-masing. Kalau yang pokok saja tidak benar maka berikutnya yang sudah pasti menyimpang.

    BalasHapus
  17. Potensi tertinggi dari manusia dan kemanusiaan adalah NALAR sebagai alat untuk menganalisis setiap persoalan. Bila sesuatu hal, apalagi keyakinan beragama tanpa dilandasi akal bagaimana kita yakin beriman? Apakah orang hanya bermodal iman/yakin tanpa landasan NALAR? Kalau begitu apa bedanya kita percaya kepada takhayul, klenik, sihir dsb?

    BalasHapus
  18. aku pnh browsing kesasar lewat situs bernama keislaman kayaak mas ardi itu., thema dan tampilan situsnya cantik, dikira situs Islam,, eh tahunya malah menjelekkan Islam. aku ckup gemetarr, koq kayak gini. aku pun selesai , pulang kosan karena wktu itu lg kerja di Jogja. Terus langsung tidurrr sambl puyeng mikirkan itu situs wedusss, waktu Shubuh aku bangun , ke kmar mandi , terus shalat Shubuh karena saya Muslim. Terus sprti biassanya ba'da shalat Shubuh saya membaca deres AlQuran sambil membaca maknanya. Eh Surat yg dibaca apa, QS Muhammad pas ayat pertama. ayatnya menerangkan apa hayooo. ternyata menerangkan kayaka gini lho : Orang-orang kafir yang menghalangi (manusia) dr jalan Allah, Allah menyesatkan perbuatan2 mereka (1) dan org2 Mukmin dan beramal shaleh sertaa beriman apa yg diturunkan kepada Muhammad dan itulah yg haq dr Tuhan mereka, Allah menghapuskan kesalahn2 merekadan memperbaiki keadaan mereka (2) yg demikian adl krn sesungguhnya org2 kafirmengikuti yg bathil dn sesungguhnyya org2 Mukmin mengikuti yg haq dr Tuhan mereka . Dmikian lah Tuhan membuat utk manusia b=perbandingan2 bg meraka (3). Subhanallah aku tercenganng bercampur ta'jub...... aku merasa tlh diingatkan oleh Allah Tuhan yg berhaq disembah . Nabi Muhammad itu nabi yg harus diikuti........... aku pun tambah yaqin Islam agama yg benar Alquran tlah menunjuki jalan kesasarku. Makaasih ya situs wedusss Gua tambah yaqin ma Islam..... he ehe ehe

    BalasHapus
  19. Dalam kej 17:18-21 sdh di jelaskan dgn sejelas-jelasnya bahwa Allah Israel hanya menjadikan keturunan Ishak dan bangsa Israel yg menjadi utusan-Nya.
    Jika ada yg mengaku sebagai utusan Allah Israel di luar keturunan Ishak dan bangsa Israel,dia adalah utusan/nabi PALSU.

    BalasHapus
  20. Yesus = Tuhan.
    Dalam Yoh 14:9 sdh jelas Yesus berkata"Barangsiapa telah melihat Aku,ia telah melihat Bapa(Allah).
    Yesus adalah Firman dan Roh Allah sendiri yg telah berkenan hadir.

    BalasHapus
  21. Pendidikan Islam29 Mei 2016 pukul 19.57

    bagaian mana yang menyatakan yesus tuhan ?

    BalasHapus
  22. Bagian mana.......?bloon aja klo anda tidak mengerti apa yg telah Yesus katakan diatas.

    BalasHapus
  23. Yesus = Firman Allah dan Roh Allah.

    BalasHapus
  24. Insan mogoginta orang yg bloon banget klo hanya mempersoalkan SUNAT......SUNAT.....dan SUNAT.
    Sunat sdh di jelaskan dgn sejelas-jelasnya dalam Kej 17:9-14....bahwa sunat adalah perjanjian Allah dgn Abraham dan keturunannya.
    Sunat bukanlah suatu keharusan bagi kami,jika insan hanya mempersoalkan sunat.....sunat.....sunat.....bloon aja dia.
    Yg terpenting bagi kami adalah SUNAT ROHANI.

    BalasHapus
  25. Pendidikan islam anda tanya dan saya jawab,truss anda kemana?

    BalasHapus
  26. Paulus Bersabda nih:

    ====

    “Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah.” (1 Kor 7:19).

    ====

    “Ke gereja atau tidak ke gereja tidak penting, yang penting percaya pada Yesus.”

    “Mandi atau tidak mandi tidak penting, yang penting kita punya rasa percaya diri.”

    “Berbuat baik atau tidak berbuat baik tidak penting, yang penting kita menjadi orang Kristen.”

    “Berpakaian tidak berpakaian tidak penting, yang penting berperilaku baik.”

    =====

    Galatia 5-2 (TB) Sesungguhnya, aku, paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, KRISTUS SAMA SEKALI TIDAK AKAN BERGUNA BAGIMU

    See ????

    PAULUS MELAWAN YESUS hahaa

    Nahh loh yg udh sunat kristus gk guna lgi

    =====

    Jika anda bersunat artinya yesus tidak berguna bagi anda, itu kata paulus lohh, sedangkan di saat yang lain paulus berkata bahwa tidak bersunat juga tidak mengapa, aneh kan

    Memang paulus dari dulu dikenal sebagai orang yang mencla mencle dalam berkata, tetapi anehnya surat-surat yang ia tulis kalian jadikan bagian kitab suci anda.

    Sungguh menyedihkan

    ====

    Roma 2:29 (TB) Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

    ***
    Lucu ya SUNAT HATI hehee
    ***

    Ya begitu deh jadinya, seharusnya memahami Agama dengan SEPENUH HATI, akibat disunat hatinya jadi memahami Agamanya dengan SETENGAH HATI

    BalasHapus
  27. @Cinta, Yoh 14:9 Kontradiksi

    KONTRADIKSI:

    1 Timotius 1:17 (TB) Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang TAK NAMPAK, yang esa!

    Keluaran 9:14 (TB) Sebab sekali ini Aku akan melepaskan segala tulah-Ku terhadap engkau sendiri, terhadap pegawai-pegawaimu dan terhadap rakyatmu, dengan maksud supaya engkau mengetahui, bahwa TIDAK ADA YANG SEPERTI AKU DI SELURUH BUMI.

    BalasHapus
  28. Matius 21:42 Kata Yesus kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.
    Matius 21:43 Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan AKAN DIBERIKAN KEPADA SUATU BANGSA yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

    ====

    Nah lohh

    BalasHapus
  29. Isadanislam.com web kristen berkedok islami...

    Contoh ni sebagai taglinenya
    JALAN YANG LURUS ?


    ***
    Tunjukilah kami JALAN YANG LURUS (al fatihah ayat 6)
    ***

    belum selesai bro coba baca ayat 7:
    (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai… dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
    Jalan yang dimurkai Allah adalah Yahudi
    JALAN YG SESAT adalah KRISTEN. Paham ???

    ======

    apa lagi yang jadi masalah ?

    Nabi penunjuk jalan yang lurus. jadi mengikuti ajaran nabi adalah jalan yang lurus, sama seperti mengikuti nabi ibrahim, musa, nuh, daud dll PADA MASANYA, BUKAN MENUHANKANNYA

    ====


    Silahkan baca QS Ad-Zukhruf 59-64

    "Dia ('Isa) tidak lain hanyalah SEORANG HAMBA yang Kami berikan nikmat (kenabian) kepadanya, dan Kami jadikan dia sebagai contoh bagi Bani Israil."
    (QS. Az-Zukhruf: Ayat 59)

    ***
    Diayat 59 dijelaskan bahwa Nabi Isa tidak lain adalah seorang HAMBA.
    Saya yakin semua tahu apa itu hamba, dan apa beda Hamba dengan Tuhan Sang Pencipta
    ***

    Selanjutnya dijelaskan di ayat 62, 63, dan akhirnya sampai ke ayat 64, ajaran nabi :Sesungguhnya Allah Dialah TUHANKU dan TUHAN KAMU maka sembahlah Dia, ini adalah Jalan Yang Lurus

    BalasHapus

Posting Komentar