Download Buku IQRO Lengkap Jilid 1-6 pdf dan Pengertiannya

Artikel ini berisi tentang buku iqro', mulai dari pengertian iqro, metode iqro, pengarang buku iqro dan download buku iqro jilid 1-6 untuk komputer dan hp. Oh yaa sekedar share dari saya sebagai penulis, bahwa saya juga bisa membaca alquran berkat buku iqro ini lho, soalnya bukunya gampang dimengerti.

Mengenai apa itu buku iqro, simak selengkapnya dibawah ini,

A. APA ITU BUKU IQRO ?


Buku Iqra’ adalah buku panduan sederhana untuk mempermudah belajar membaca Al-Quran dengan cepat dan praktis. Buku panduan ini digunakan oleh sebagian besar pengajar Al-Quran di Indonesia bahkan sampai penjuru Asean, Malaysia dan beberapa negara lainnya juga memanfaatkannya.
Dengan metode yang praktis dan mudah diterapkan, buku ini memuat panduan langkah demi langkah belajar memahami bahasa AlQuran. Dimulai dari mengenal huruf hingga rangkaian huruf yang sederhana dan kemudian dilanjutkan ketahap yang lebih kompleks.
Buku Iqra versi cetak sangat banyak di toko buku dengan harga yang relative murah , Buku Iqro dicetak dengan variasi warna warni cover yang memikat perhatian anak TK Al-Qur’an.

buku iqro jilid 1-6 cover

Buku Iqro’ terdiri dari 6 jilid, di mulai dari tingkat yang sederhana, tahap demi tahap sampai pada tingkatan yang sempurna.
Di mana dalam setiap jilidnya terdapat petunjuk mengajar dengan tujuan untuk meudahkan setiap peserta didik (santri) yang akan menggunakannya, maupun ustadz/ustadzah yang akan menerapkan metode tersebut kepada santrinya. Metode iqro; ini termasuk salah satu metode yang cukup dikenal dikalangan masyarakat, karena metode ini sudah umum digunakan ditengah-tengah masayarakat Indonesia.

Dulu sebelum ada metode iqro, metoda yang digunakan untuk belajar membaca alquran biasanya  menggunakan Juz 'Amma dan Turutan

B. METODE IQRO’


Metode iqro’ adalah suatu metode membaca Al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca, Adapun proses pelaksanaan pembelajaran metode ini berlangsung melalui tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Ath Thoriqah bil Muhaakah, yaitu ustadz/ustadzah memberikan contoh bacaan yang benar dan santri menirukannya.

  2. Ath Thoriqah bil Musyaafahah, yaitu santri melihat gerak-gerik bibir ustadz/uztadzah dan demikian pula sebaliknya ustadz/ustadzah melihat gerak gerik mulut santri untuk mengajarkan makhorijul huruf serta menhindari kesalahan dalam pelafalan huruf, atau untuk melihat apakah santri sudah tepat dalam melafalkannya atau belumAth Thoriqoh Bil Kalaamish Shoriih, yaitu ustadz/ustadzah harusmenggunakan ucapan yang jelas dan komunikatif

  3. Ath thriqah bis Sual Limaqoo Shidit Ta’limi, yaitu ustadz/ustadzah mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan santri menjawab atau ustadz/ustadzah menunjuk bagian-bagian huruf tertntu dan santri membacanya.


C. PENGARANG/SEJARAH BUKU METODE IQRO


Metode Iqro’ ini ditemukan dan disusun oleh Ustadz As’ad Human yang berdomisili di Yogyakarta. Kitab Iqro’ dari ke-enam jilid tersebut di tambah satu jilid lagi yang berisi tentang doa-doa. Dalam setiap jilid terdapat petunjuk pembelajarannya dengan maksud memudahkan setiap orang yang belajar maupun yang mengajar Al-Qur’an.

Bagi kebanyakan umat Islam Indonesia, nama K.H. As’ad Humam sudah tidak asing lagi karena karyanya berupa metode praktis membaca Al-Qur’an serta lembaga pendidikan TKA (Taman Kanak-kanak Alqur’an) dan TPA (Taman Pendidikan AlQur’an) telah menyebar keseluruh Indonesia, ke Malaysia dan mancanegara lainnya. Bahkan di Malaysia metode Iqro ditetapkan sebagai kurikulum wajib di sekolah.

Pria yang lahir tahun 1933 yang cacat fisik sejak remaja ini ternyata sebagai penemu Metode Iqro yang menghebohkan banyak kalangan. Banyak para penguji mencoba mengadakan pengujian terhadap keakuratan metode ini. Ternyata karena selain sererhana dengan metode iqro sangat mudah mempelajari Al-Qur’an.

Menurut Meneg, K.H. As’ad Humam yang hanya lulusan kelas 2 MadrasahMualimin Muhammadiyah Yogyakarta (Setinggi SMP) ini juga bisa disebut “pahlawan”, yakni pahlawan penjaga kelestarian Al-Qur’an dan pahlawan yang telah membebaskan jutaan anak Indonesia dari buta Al-Qur’an. Berkat hasil karyanya ini jutaan anak muslim Indonesia dengan mudah mempelajari Al-Qur’an

Sebelum K.H. As’ad Humam meluncurkan metode Iqro’ memang sudah ada metode membaca Al-Qur’an yang dimanfaatkan oleh umat islam Indonesia antara lain dalam metode Juz Amma, methode Al-Banjary, methode Al-Barqy dan banyak methode lainnya. K.H. As’ad Humam dalam menyusun karyanya ini juga berdasarkan metode yang saudah ada sebelumnya. Tetapi begitu metode Iqro muncul, sekitar tahun 1988 langsung mendapat sambutan hangat masyarakat. Sebab metode yang digunakan juga praktis dan membuat anak kecil bisa cepat menbaca Al-Qur’an dengan fasih dan tartil, padahal sebelumnya anak-anak seusia TK umumnya belum bisa membaca Al-Qur’an.

Pada awal Februari tahun 1996 dalam usia 63 tahun sang penemu metode ini K.H. As’ad Humam telah dipanggil Allah SWT. Dan menghembuskan nafas terakhirnya di Bulan Suci Ramadhan hari Jum’at(2/2) sekitar Pukul 11:30 memang, dimana sejak 14 Desember tahun 1995 ia telah sakit dan pernah diopname di Rumahsakit Muhammadiyah Yogyakarta sekitar 2 bulan. Jenazah KH. As’ad Humam dishalatkan di mesjid Baiturahman Selokraman Kota Gede Yogya tempat ia mengabdi.

Pada saat pelepasan menuju tempat peristirahatan terakhir jenazah bapak 6 anak dan kakek 10 benar-benar dikenang masyarakat luas baik masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Hal ini terbukti pada sambutan Menteri Agama RI yang saat itu Dr. H. Tarmizi Taher yang dibacakan Kakanwil Daerah Istimewa Yogyakarta Muhda Hadisaputro SH pada saat upacara pemakaman. Ia menjelaskan dalam pidatonya bahwa Hasil karya K.H. As’ad Humam benar-benar sudah go internasional. Lebih lanjut oleh Menag RI dijelaskan Metode Iqro selain sudah diterapkan di beberapa negara tetangga, semacam Malaysia, Singapura dan Brunai Darusalam, juga sudah diterjemaahkan kedalam berbagai bahasa, bahkan dilakukan penjagaan penggunaannya oleh kalangan muslimin di Amerika Serikat.

Bulan Juli tahun  1995  Presiden Soeharto mewisuda ribuan santri TKA/TPA. Wakil persiden juga melakukan hal yang serupa di Yogya dalam berbagai even misalnya MTQ juga acap menampilkan santri TKA yang mendemonstrasikan kemampuan mereka membaca Al-Qur’an.

D. DOWNLOAD BUKU IQRO JILID 1-6


Silahkan download aplikasi Buku iqro' pdf jilid 1-6 secara terpisah, melalui link dibawah ini
DOWNLOAD BUKU IQRA 1 ( 2.3 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 2 ( 2,3 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 3 ( 2,5 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 4 ( 2,6 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 5 ( 3,0 MB ) | Link Alternatif
DOWNLOAD BUKU IQRA 6 ( 3,2 MB ) | Link Alternatif
Khusus bagi anda yang ingin mendownload secara langsung buku iqrok dari jilid 1-6 dapat mengklik link dibawah ini
Download Buku Iqro 1-6 Jilid

E. DOWNLOAD APLIKASI IQRO UNTUK HP ANDROID


buku iqro android apk pics
Untuk anda yang mempunyai hanphone berbasis sistem android, silahkan download dan pasang melalui link dibawah ini, dengan mempunyai aplikasi ini anda dapat belajar membaca alquran dimana saja, cukup dengan menggunakan HP, tidak perlu ribet dan praktis
Download Buku Iqro Android

Demikian artikel tentang buku metode Iqrok yang dapat kami kupas, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar membaca alquran!

Komentar

  1. Mangtap gan, apdet terus.....

    Artikel agan bagus2, rasanya pengen ane donlot semua....

    Semoga sukses buat agan....

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah nambah ilmu agama, terimakasih y artikel2nya

    BalasHapus
  3. aku suka tilawati tapi saya belum hafal apakah disana ada yang mau membelajari saya ada tidak saya saya berani membayar 5000 perhari

    BalasHapus
  4. maaf nya saya salah tulis tilawati harus nya iqro maaf kansaya

    BalasHapus
  5. maaf, bagaimana perihal izin / hak cipta dari iqro ini, apakah legal atau illegal ?

    BalasHapus
  6. Silahkan tanya yang membuat, di sini kami tidak mengupload, hanya memberikan link saja!

    BalasHapus
  7. Terima kasih gan, semoga menjadi amal jariah amien..

    BalasHapus
  8. MAAFKAN SAYA JIKA SALAH....
    SEBAGAI MUALAF SAYA MERASA KESUSAHAN MENDALAMI AGAMA,SETIAP KALI SAYA MAU MENDOWNLOAD KONTEN PELAJARAN IQRO DAN SEBAGAINYA...SUSAH BANGET....BANYAK UNSUR KOMODITAS ATAU EKONOMI....
    KENAPA DEMIKIAN? AMAL MAKHRUF NAHI MUNGKAR TAPI TIDAK RIDHO...

    BalasHapus
  9. pendidikan islam28 Mei 2015 pukul 21.11

    Tidak susah kok downloadnya, Itu berarti PENGETAHUAN ANDA TENTANG INTERNET MASIH KURANG (ANDA PERLU BELAJAR LAGI), SAYA DULU JUGA SEPERTI ANDA, selalu menyalahkan orang yang share dan jengkel kalau ada file tidak bisa di download, dan ternyata yang masih bodoh adalah saya, ternyata server untuk menyimpan file di proteksi dengan kode anti spam, dan juga iklan. tapi setelah saya belajar banyak tentang internet, saya tidak pernah menyalahkan lagi orang yang share, karena link download tidak bisa hidup selamanya, sama halnya seperti manusia. JADI INTINYA ANDA MASIH HARUS BANYAK BELAJAR TENTANG INTERNET

    BalasHapus
  10. Saya telah ikut download Iqro Jilid 1 s.d 6. Terima kasih. Semoga amal ibadah Anda diterima Allah swt, dan mendapatkan pahala. Aamiin.

    BalasHapus
  11. ALIF RAMANUL HAQ4 Juli 2015 pukul 02.41

    Matur nuwun kulo sampun nderek download iqro 1-6, barokalloh.

    BalasHapus
  12. Saya sudah mendonlod Jazzakumullahu khairan kasiro.. banyak terima kasih.
    Oya buat pak Lasiyan, belajarlah untuk tidak cepat berprasangka buruk (su'udhzon).

    BalasHapus
  13. ijin unggah semoga makin berkah

    BalasHapus
  14. Benar2 Ilmu Yang Bermanfaat...Amiin

    BalasHapus
  15. Makasih.... atas ilmunya...

    BalasHapus
  16. Kalau Hak Cipta Iqro bagaimana ya... apakah bebas di sebarkan ke yang lain & dijadikan sumber / metode pengajaran... bahkan ada yg privat AlQuran ngaji nya pake metode iqro... nah apakah ini boleh / gak ?

    BalasHapus
  17. boleh saja

    BalasHapus
  18. Pingin bgt bisa baca als qur.an :(

    BalasHapus
  19. MAKASIH AKU DOWNLOAD JG IQRO1-6 SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERMA ALLAH SWT AMIIIN

    BalasHapus
  20. Izin download dan perbanyak ya???

    BalasHapus
  21. matur nuwun, kulo sampun nderek ngunduh iqro-nya. baarakallaah....

    BalasHapus
  22. mintak izin download iqro...
    terima kasih

    BalasHapus
  23. Klo misal kita cetak iqro sendiri biat djual lg itu melanggar hak cipta g y?

    BalasHapus
  24. Saya sudah mendonlod maksih banyak..semoga usahanya dibalas Allah swt...

    BalasHapus
  25. Betul tu,Salam, Terima kasih pada admin. Saya sudah ada iqro 1-6 dlm bentuk buku. Dalam format pdf ni bagus juga. Boleh baca dlm pc. Pandangan saya walaupun ada dalam bentuk pdf jangan lupa beli buku iqro juga dikedai supaya penerbitnya juga dpt manafaat atas usaha mereka membuat dan menerbit bahan tersebut . Kita pun turut mendapat manafaat.

    BalasHapus
  26. mudah2an Allah balas seluruh kebaikannya makasih banyak gan....

    BalasHapus
  27. Kl kitab qiroati ada ga ustad???

    BalasHapus
  28. Jazaakumullohu khaoyron katsiiron.
    Mencari buku iqro dimasa pandemi sangatlah sulit. Sedangkan kami membutuhkan buku ini sebagai metoda pengenalan untuk anak2 yang baru belajar membaca Al-Qur'an, terutama di kampung2. Terima kasih atas link yang diberikan. Semoga amal penulis dan penyebar salinan ini terus mengalir.

    BalasHapus

Posting Komentar