Amalan Rasul Setelah Sholat Jum'at

Bagi orang muslim laki-laki, hari Jum'at adalah hari yang istimewa. Selain karena disebutkan bahwa hari ini merupakan sayyidul ayyam (rajanya hari), di hari ini juga diwajibkan shalat yang spesial, yaitu shalat Jum'at.


Untuk menyambut shalat Jum'at, seorang muslim biasa menyempatkan diri untuk membaca surat al-Kahfi atau al-Waqi'ah dan ane amalan lainnya. Namun, setelah shalat Jum'at, adakah amalan khusus di hari ini?


Dalam karya Syekh Abdullah bin Hijazi as-Syarqawi, Hasyiyatus Syarqawi ala Tanqihil Lubab, disebutkan amalan yang biasa diwiridkan (dijalani) oleh Rasulullah saw setelah shalat Jum'at.


Disunnahkan (dianjurkan) usai salam shalat Jum‘at tetapi sebelum mengubah posisi kaki dan sebelum bicara, agar membaca surat Al-Fatihah, Qul Hu, Falaq, dan Nas masing-masing 7 kali.


Setelah itu, membaca doa, “Allahumma ya Ghaniyyu ya Hamid, ya Mubdi’u ya Mu‘id, ya Rahimu ya Wadud. Aghnini bi halalika ‘an haromik, wa bifadhlika ‘amman siwak,” sebanyak 4 kali


Adapun arti doa tersebut adalah: Wahai Tuhanku Yang Maha Kaya Lagi Maha Terpuji, Yang Maha Memulai Lagi Kuasa Mengembalikan, Yang Maha Penyayang Lagi Maha Kasih, Cukupkan aku oleh pemberian-Mu yang halal, bukan yang haram. Dan puaskan aku oleh kemurahan-Mu, bukan selain-Mu.


Dalam kitab tersebut disebutkan, Siapa saja yang istiqomah melazimkan amalan ini, niscaya Allah cukupkan dan berikan rezeki kepadanya dari mana yang ia tidak perhitungkan sebelumnya.


Allah juga akan mengampuni dosanya baik yang lewat maupun yang datang, serta Allah akan memelihara sikap beragamanya, kehidupan dunianya, keluarganya, dan anaknya.

Dalam hal ini Syekh Abdullah as-Syarqawi merujuk pada Ibnu Hajar dan Al-Khotib yang merujuk pada gurunya, Al-Hafni, “Doa tersebut dalam hadits shohih dari Rasulullah SAW.”


Selain dalam kitab Hasyiyatus Syarqawi, keterangan ini juga disampaikan oleh Imam Nawawi dalam karyanya yang memuat doa dan zikir-zikir, Al-Adzkar.
http://www.publicapos.com/mimbar/4518-amalan-rasulullah-saw-setelah-jumatan

Komentar