TANYA JAWAB : AIR LIUR (AIR LUDAH) ITU NAJIS ATAU TIDAK ?

Mungkin dalam benak hati anda suka bertanya-tanya, apakah najis air liur atau air ludah itu
Pertanyaan: Apakah hukum air liur itu, Air Liur itu Najis atau Tidak ? Apa hukum air liur yang keluar dari seseorang saat ia tidur?

[caption id="attachment_5978" align="aligncenter" width="650"]air liur bayi najis atau tidak Air liur bayi[/caption]

Jawaban.
hukum Air liur atau air ludah tidaklah najis, Air liur yang keluar dari seseorang saat ia tidur itu suci, bukan najis, karena hukum asal dari semua yang keluar dari badan  manusia itu suci, kecuali kalau ada dalil yang menunjukkan kenajisannya.

Jadi, air liur, keringat dan tetesan air mata, serta yang keluar dari hidungnya; semuanya suci. Karena ini hukum asalnya. Sedangkan air kencing dan kotorannya serta segala yang keluar dari dua jalur adalah najis.

Air liur yang keluar dari seseorang ketika tidur termasuk yang suci, seperti halnya riak, dahak dan semacamnya. Oleh karena itu, tidak wajib bagi seseorang untuk mencucinya, dan tidak pula mencuci pakaian dan apa yang terkena air liur. [Al-Muntaqâ Min Fatâwâ Fadhilat Asy-Syaikh Shalih Fauzan Al-Fauzan hal 541]

Itulah jawaban singkat mengenai hukum air liur atau air ludah, dahak dan sejenisnya, dan yang perlu kita ketahui adalah bahwa yang najis itu sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur

Ref: HR. Al-Bukhâri Kitâbul Ghusl, no. 281; Muslim Kitab Haid, no. 371; At-Turmudzi Kitab Thahârah, no. 121; Nasa’i Kitab Thahârah, no. 269; Abu Daud Kitab Thahârah, no. 231; Ibnu Majah kitab Thahârah wa Sunanuhâ, no. 534; Ahmad 2/235.

Komentar

  1. permisi admin, saya mau tanya,
    saya waktu kecil sekitar umur 10 taun pernah tangan saya di jilat oleh anjing,
    namun saya belum sadar bahwa jilatan nya itu menjadi najis,
    dan saya sadar ketika umur saya sudah 18tahun baru ingat,

    pertanyaan saya, apa disaat saya baru menyadari dan baru paham saya bersuci dengan debu dan air 7x itu sudah bisa membersihkan diri saya dari najis tersebut?

    mohon penjelasan dan pencerahannya admin, terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Pendidikan Islam24 Juli 2017 pukul 16.32

    kalau belum tahu tidak mengapa, karena anda sekarang sudah mengetahuinya, maka jika nanti kalau kena najis anjing lagi, barulah anda bersuci dengan cara ditambahkan debu

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr wb.

    Saya mau bertanya, jika suami selalu berbuat baik seperti membantu pekerjaan istri,bekerja, perhatian sama anak, tetapi beliau sering menonton video sek, merokok?
    Jadi sebagai istri saya pasti menegurnya, tetapi setiap di tegur selalu berakhir dengan keributan.
    Supaya hubungan ini bisa berjalan baik lagi bagaimana seharusnya sikap saya sebagai istri mohon penjelasanya, terima kasih.
    Wassalamualaikum wr wb.

    BalasHapus

Posting Komentar